Lebak (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Lebak, Banten menjamin stok sembilan bahan pokok atau sembako selama Ramadhan hingga Lebaran 2019 surplus karena pendistribusian berjalan lancar tanpa hambatan maupun kendala.

"Kita yakin persediaan sembako bisa memenuhi permintaan masyarakat selama Ramadhan hingga menjelang Lebaran," kata Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto di Lebak, Rabu.

Tim Satgas Pangan, lanjut dia, memasuki minggu ketiga Ramadhan mengoptimalkan pengawasan dan pemantauan persediaan sembako di sejumlah pasar tradisional.

Selain itu juga petugas mendatangi sejumlah gudang sembako milik pengusaha guna menghindari terjadi penimbunan. Namun, pihaknya sejauh ini belum menemukan adanya penimbunan bahan pokok.

Selama ini, persediaan sembako surplus dan melimpah sehingga harga di pasaran relatif stabil. Harga beras medium Kualitas 1 di pasaran relatif stabil dijual Rp10.000/Kg, beras medium kualitas II Rp9.500/Kg,terigu Rp5.000/Kg dan gula pasir Rp11.000/Kg.

Bahkan, harga bawang putih, bawang merah dan cabai cenderung menurun. Disamping itu juga daging unggas dijual Rp30.000/Kg, daging sapi Rp120.000/Kg dan daging kerbau Rp110.000/Kg.

"Kami yakin harga bahan pokok melimpah dan daya beli masyarakat meningkat selama Ramadhan hingga Lebaran," katanya.

Menurut dia, Satgas Pangan mengapresiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar operasi pasar murah, sehingga berdampak terhadap stabilitas harga sembako di pasaran.

Operasi pasar murah itu dilaksanakan di 27 kecamatan dan puncaknya digelar di Kecamatan Rangkasbitung hingga 11.000 paket.

"Kami yakin intervensi pemerintah daerah menggelar pasar murah dapat menstabilkan harga bahan pokok di pasaran," katanya.

Sejumlah pedagang bahan pokok di Pasar Rangkasbitung mengatakan bahwa saat ini persediaan sembako mencukupi hingga surplus sehubungan pasokan dari daerah lumbung pangan berjalan lancar.

"Kita sampai hari ini stok beras melimpah hingga 20 ton," kata H Baden,seorang pedagang beras di Pasar Rangkasbitung.

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019