Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta menghadiahi kambing kepada 101 Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang berprestasi pada pelaksanaan Pemilu 2019.

"KPPS yang diberi hadiah kambing memiliki tingkat partisipasi pemilih di atas 95 persen," kata Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo di sela penyerahan kambing di Solo, Rabu.

Ia mengatakan tugas para KPPS pada pelaksanaan Pemilu 2019 sangat berat sehingga perlu memperoleh apresiasi dari pemerintah.

"Salah satu parameter keberhasilan ini yaitu tingkat partisipasi pemilih yang tinggi. Artinya para petugas KPPS berhasil mengajak masyarakat di sekitarnya untuk mengikuti pemilihan," katanya.

Ia mengatakan hadiah tersebut telah dijanjikannya sebelum pelaksanaan Pemilu 2019.

"Harapan saya dengan dijanjikannya hadiah ini bisa meningkatkan kinerja para petugas KPPS dan ternyata betul. Partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya meningkat," katanya.

Ia mengatakan kambing yang diberikan kepada setiap KPPS tersebut seharga Rp2 juta per ekor.

"Sebetulnya ada beberapa yang hanya mendekati 95 persen tetapi tetap kami masukkan sebagai penerima hadiah," katanya.

Salah satu Ketua KPPS dari Kelurahan Kedunglumbu Bambang Irawan yang juga menjadi penerima hadiah kambing mengatakan rencananya kambing tersebut akan digunakan untuk berpesta bersama warga.

"Sebetulnya tingkat partisipasi di tempat kami hanya 94 persen tetapi tetap menerima hadiah, jadi akan kami nikmati bersama-sama," katanya.


Baca juga: Sandiaga Uno takziah ke rumah KPPS meninggal dunia di Pekanbaru

Baca juga: KPU usahakan santunanan untuk ahli waris KPPS Rp30 juta

Baca juga: Penyebab terbanyak kematian petugas KPPS gagal jantung dan stroke

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019