Ruas jalan di NTB siap dilalui pemudik

Ruas jalan di NTB siap dilalui pemudik

Foto areal ruas jalan gerbang barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (24/2/2019). (ANTARA/AHMAD SUBAIDI)

Mataram (ANTARA) - Ruas jalan nasional dan provinsi di Nusa Tenggara Barat siap dilalui pemudik pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"Seluruh jalur mudik dan ruas jalan kita sudah siap dilalui, baik jalan nasional dan provinsi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB H Azhar di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, pada arus mudik Lebaran 2019, ada sejumlah titik yang perlu diwaspadai para pengguna kendaraan, di antaranya di jalur Nanga Tumpu di Kabupaten Dompu, Sekotong Lombok Barat, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur dan Pusuk perbatasan Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara.

"Saya lupa pastinya berapa, tapi ini beberapa jalur yang kita nilai rawan di arus mudik," terangnya.

Menurut Azhar, untuk kelancaran arus lalu lintas kendaraan dan antispasi kerawanan pada arus mudik lebaran tahun ini, pihaknya akan menyiapkan sejumlah petugas yang akan standby dan melakukan patroli secara rutin terutama pada jalur yang dinilai rawan kecelakaan dan kerusakan pada badan jalan.

"Kalaupun ada perbaikan jalan, itu sifatnya hanya pembersihan sebagai bagian perawatan jalan. Kalau jalan putus sama sekali tidak ada," tegas Azhar.

Ia berharap, untuk kelancaran arus mudik para pengguna kendaraan diharapkan untuk tetap mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas yang ada, sehingga kecelakaan lalulintas bisa dicegah.

"Jadi kita harapkan masyarakat bisa berkendara secara tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas," katanya.
Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019