Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng perusahaan berbasis aplikasi daring (online) Gojek bekerja sama mengembangkan wirausaha baru melalui program Gojek Wirausaha.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan dan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Gojek terkait dengan pemberdayaan dan peningkatan kemampuan para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

“Upaya Gojek dalam mengembangkan UMKM secara tidak langsung telah mendukung gerakan kewirausahaan dan menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru di Tanah Air,” katanya.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto dengan Chief of Public Policy and Government Relation Gojek Dyan Shinto E. Nugroho di Jakarta, Senin (20/5).

"Ini sejalan dengan keinginan pemerintah yang tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Rulli.

Era Revolusi 4.0, menurut dia, memang tidak bisa dihindari karena teknologi informasi berkembang sangat cepat.

Pelaku usaha diharapkan mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi dari kemajuan teknologi informasi.

Gojek, kata Rulli, sudah menjadi fenomena tersendiri yang dilengkapi dengan fitur GoRide, GoFood, GoSend, GoShop, GoBox, dan lain-lain.

Oleh karena itu, melalui kerja sama tersebut, Rulli berharap dapat mewujudkan komitmen memberdayakan dan meningkatkan daya saing UMKM melalui pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan skala bisnis, keterampilan, dan kesejahteraan UMKM di Indonesia melalui teknologi.

Selain dengan Kemenkop, Gojek juga melakukan penandatanganan MoU dengan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono.

"Kolaborasi strategis antara dua kementerian dengan Gojek ini secara umum bertujuan membantu pelaku UMKM supaya bisa naik kelas sekaligus mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan UMKM pada ekonomi digital," kata Dyan Shinto E. Nugroho.

Ia mengatakan bahwa Gojek selalu mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para UMKM supaya terus tumbuh.

Melalui kerja sama ini, Dyan Shinto berharap menjadi kunci mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Acara juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden Gojek Andre Sulistyo, Deputi Produksi dan Pemasaran Victoria br Simanungkalit, Dirut Baznas Arifin Purwadinata, Dirut Jasa Raharja, dan lain-lain.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019