Harkitnas: Dorong kebangkitan semangat gotong royong

Harkitnas: Dorong kebangkitan semangat gotong royong

Sekda Provinsi Jambi M Dianto membacakan amanat pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di Kompleks Pemprov Jambi di Telanaipura Kota Jambi. (Foto Humas Pemprov Jambi/HO)

Jambi (ANTARA) - Momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di Provinsi Jambi didorong untuk membangkitkan semangat gotong royong, yakni semangat saling menolong, kebersamaan dan bahu-membahu masyarakat di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto terkait peringatan Harkitnas di Provinsi Jambi yang digelar di Lapangan Kantor Gubernur Jambi di Telanaipura Kota Jambi, Senin.

"Harkitnas momentum membangkitkan semangat gotong royong, semangat kebersamaan dan untuk bersama-sama mengatasi serta menghadirkan solusi terhadap berbagai permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata M Dianto

Selain itu kata Sekda, seluruh masyarakat diimbau untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan pascapemilu, untuk kembali merekatkan kesatuan sosial.

Dalam peringatan Harkitnas tersebut, Sekda membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara dengan tema "Bangkit untuk Bersatu."

Dalam sambutan tersebut dinyatakan bahwa Hari Kebangkitan Nasional timbul dari kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan nusantara. Dan kebersamaan dan gotong royong merupakan semangat yang menggerakkan harapan dan tekad untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan tersebut.

Sekda mengatakan inti dari sambutan Menteri Kominfo adalah bahwa kebangkitan dimulai dari riwayat Mahapatih Gajah Mada untuk mempersatukan negara Republik Indonesia, yang memiliki banyak pulau dan daerah, yang sudah masuk dalam wilayah kepatihan Gajah Mada saat itu.

"Diharapkan dengan semangat gotong royong, dengan semangat kebersamaan, Indonesia saat ini dan ke depan bisa bangkit dan bisa bersama-sama negara lain untuk masuk dalam jajaran negara maju," katanya menambahkan.*

Baca juga: Gubernur Sumut pugar makam pahlawan untuk peringati Harkitnas

Baca juga: Sumut Peringati Hari Kebangkitan Nasional
Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019