Elite politik Biak diminta bisa terima hasil pemilu

Elite politik Biak diminta bisa terima hasil pemilu

Wakil Ketua 1 Forum Kerukunan Umat Beragama Biak Ustad Kamaruddin. (ANTARA/Muhsidin)

Biak (ANTARA) - Para elite politik peserta pemilu serentak 2019 di Kabupaten Biak Numfor, Papua, diminta bisa menerima hasil keputusan hasil pemilu serentak yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei mendatang.

"Proses demokrasi pemilu serentak telah selesai dengan damai dan lancar, ya sebagai warga kita harus siap mendukung hasil pemilu yang akan diumumkan KPU, mari kita hormati pilihan rakyat yang sudah disalurkan di TPS," ungkap Wakil Ketua 1 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Biak Ustad Kamaruddin di Biak, Minggu.

Ia mengakui siapapun yang ditetapkan menjadi pemenang pemilu serentak pada pemilihan Presiden merupakan kemenangan milik semua rakyat dan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Kamaruddin mengharapkan perlu adanya sikap kenegarawan yang diperlihatkan para elite politik sehingga dapat memberikan kesejukan dalam menyikapi hasil pemilu serentak.

"Prinsip demokrasi siap menang siap kalah harus benar-benar diimplementasikan para elite politik, ya mari kita bersatu membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk meningkatkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua MUI Biak itu.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Pekerja GKI Klasis Biak Selatan Pdt Brury Wufwensa mengatakan, apapun hasil pemilu serentak 2019 harus dapat diterima oleh pasangan calon Presiden serta caleg parpol peserta pemilu.

"Untuk caleg yang meraih dukungan suara masyarakat jangan jumawa dan caleg yang kalah harus bersikap demokrasi mengakui keberhasilan," harapnya.

Ia berharap dengan hasil pemilu serentak diharapkan dapat meningkatkan kemajuan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hingga Minggu aktivitas di kantor KPU Biak Jalan Tanjung Kirana Mandow masih mendapat penjagaan aparat keamanan dari Polres Biak Numfor menjelang proses penetapan KPU hasil pemilu serentak 22 Mei 2019.
 
Pewarta : Muhsidin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019