Warga Biak tunggu penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI

Warga Biak tunggu penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI

Daftar parpol peserta Pemilu Serentak 17 Apil 2019. (Foto: ANTARA/dokumentasi KPU RI)

Biak (ANTARA) - Tokoh masyarakat Biak, Papua Jack Ayer mengakui warga Biak hingga saat ini masih menunggu pengumuman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait dengan penetapan hasil perolehan suara pemilu serentak pilpres dan pemilu legislatif pada 22 Mei 2019.

"Semua proses tahapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 17 April 2019 di Kabupaten Biak Numfor telah berjalan dengan lancar dan kondusif, ya apa pun hasil perolehan suara harus dapat diterima oleh siapa pun karena itulah mandat rakyat yang sudah disalurkan lewat pemilu," ujar Jack Ayer, di Biak, Sabtu.

Ia mengakui, masyarakat Kabupaten Biak Numfor yang sudah terdaftar dalam pemilu telah menyalurkan hak pilih pada Pemilu Serentak 17 April 2019.

Jack berharap siapa pun pasangan capres-cawapres yang sudah dipilih rakyat harus dapat merealiasikan janji program kerja dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari Sabang hingga Merauke.

Terkait dengan kegagalan banyak caleg parpol yang tidak terpilih menjadi anggota DPRD Biak, menurut Jack, hal itu bagian dari dinamika demokrasi yang siap menang siap kalah.

"Untuk caleg terpilih menjadi anggota DPRD Biak Numfor harus bisa menjalankan fungsi sebagai wakil rakyat dalam bidang anggaran, legislasi dan pengawasan," ujar pegawai pensiunan perbankan itu.

Sebelumnya, tokoh agama Katolik Biak Pastor Leonardus Ari Wardana SCJ memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 dengan aman dan sukses dilakukan lembaga penyelenggara Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Secara umum proses tahapan Pemilu Serentak 2019 sampai proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu sampai saat ini sangat kondusif, ya ini tidak terlepas dari keterlibatan semua elemen masyarakat," kata Pastor Ari Wardana.

Tokoh agama Katolik Pastor Ari Wardana juga memberikan apresiasi atas keterlibatan aparat keamanan Polri-TNI dalam mengamankan proses demokrasi hingga proses penetapan hasil penghitungan suara di Kabupaten Biak Numfor berjalan lancar.

Hingga Sabtu, di Kantor KPU Biak Jalan Tanjung Kirana Mandow terlihat sepi, karena masih menunggu penetapan hasil pemilu serentak yang diumumkan 22 Mei 2019.
 
Pewarta : Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019