Laussane, Swiss (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menyambangi Museum Olimpiade di Lausanne, Swiss melihat seragam bulu tangkis yang dikenakan atlet Susi Susanty waktu memenangkan pertandingan bulu tangkis dalam kejuaraan Olimpiade 1992.

Antara melaporkan dari Lausanne, Swiss pada Kamis, Wapres menyempatkan diri melihat museum itu usai melakukan pertemuan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach.

Wapres bersama Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman D Hadad melihat kaos yang dipamerkan bersama dengan raket milik peraih emas dalam Olimpiade yang diselenggarakan di Barcelona itu.

Dalam papan keterangan baju dan raket itu tertulis "perlengkapan badminton milik Susi SUSANTI (INA) juara Olimpiade Barcelona 1992. Terima kasih untuk gerakan gesit dan hebatnya serta teknik pukulan yang elegan. Susi SUSANTI dianggap sebagai wanita atlet terbaik dalam sejarah badminton".

Di dalam museum itu dipamerkan sejumlah benda-benda milik atlet yang pernah berlaga di pertandingan Olimpiade.

Terdapat juga sejumlah obor yang telah digunakan untuk membawa api Olimpiade.
Bendera Olimpiade dan benda-benda yang dipamerkan di Museum Olimpiade, Laussane, Swiss pada Kamis (17/5/2019). (Bayu Prasetyo)

Sejarah dari Olimpiade juga dijelaskan di museum tersebut.

Museum itu memadukan peragaan perlengkapan olahraga yang pernah dipakai atlet, serta instalasi teknologi pewarnaan lampu maupun teknologi digital dan simulasi alat-alat olahraga secara digital. ***3***

Baca juga: Teaser "Susi Susanti - Love All" dirilis, ingatkan kejayaan Indonesia

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2019