Sebanyak 1.980 lansia di HSS dapat bantuan jaminan hidup

Sebanyak 1.980 lansia di HSS dapat bantuan jaminan hidup

Warga lanjut usia Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan berfoto bersama. (ANTARA/Fathurrahman)

Kandangan, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan memberikan bantuan jaminan hidup berupa bantuan uang tunai sebesar Rp225 ribu per bulan kepada 1.980 orang warga lanjut usia (lansia).

Bupati Hulu Sungai Selatan Akhmad Fikry di Kandangan, Kamis, mengatakan, para Lansia yang mendapatkan bantuan pemerintahan tersebut, merupakan lansia dari warga tidak mampu.

Selain dana tunai, para lansia juga mendapatkan bantuan pangan antara lain, pemberian beras sejahtera secara gratis.

"Sejak 2013 Pemkab HSS telah menggratiskan beras sejahtera untuk keluarga miskin, program tersebut juga bertujuan mencegah bantuan salah sasaran," katanya.

Selain, pangan pemerintah juga memberikan bantuan papan, yaitu bantuan rumah sejahtera dengan tujuan memberikan tempat tinggal yang layak dan sehat.

Selain itu, lansia yang masih produktif diberikan bantuan usaha ekonomi produktif sehingga mereka bisa mengembangkan usaha dan perekonomian keluarga masing-masing.

Beberapa bantuan lainnya, adalah pemberian layanan kesehatan secara maksimal, mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit.

Hal itu disampaikan bupati saat menyambut kedatangan tim verifikasi calon penerima penghargaan kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) dari Kementerian Sosial RI, untuk ketegori perseorangan atau tokoh nasional atas nama  Achmad Fikry.

Ketua Tim Verifikasi Afrinaldi, mengatakan ada empat kategori penghargaan yang dinominasikan tahun ini secara nasional, yakni perseorangan, kelompok, keluarga dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) lansia.

"Untuk kategori perseorangan, baik untuk tokoh masyarakat ataupun tokoh nasional, yaitu pimpinan daerah yang berkomitmen mensejahterakan lansia di wilayahnya," katanya.

Tim, tambah  ia, akan meninjau langsung di lapangan untuk verifikasi atau penilaian.

Menurut Afrinaldi, pihaknya tidak ingin hanya menerima informasi dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) saja, tetapi ingin menyaksikan langsung berbagai program pimpinan daerah untuk Lansia.

Usulan calon penerima penghargaan diterima pihaknya sesuai dengan skoring yang diberikan provinsi, dan salah satu yang dinominasikan adalah Bupati HSS.

Verifikasi langsung yang dilakukan untuk menjamin objektivitas penilaian terhadap upaya-upaya yang dilakukan selama ini untuk meningkatkan kesejahteraan lansia.

Beragam kemajuan telah diraih di Kabupaten HSS dalam lima tahun terakhir, seperti angka harapan hidup yang meningkat menjadi 65,39 tahun begitupun angka kemiskinan terus menurun hingga terakhir 5,8.

Baca juga: Anies harapkan Kartu Lansia jadikan orang tua hidup layak
Baca juga: Pemkot Denpasar tingkatkan santunan lansia telantar
Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019