Lapas Muara Teweh gelar pesantren kilat bagi para napi

Lapas Muara Teweh gelar pesantren kilat bagi para napi

Penghuni Lapas Muara Teweh mengikuti tadarus Alquran di Masjid Darul Huda di Lapas Muara Teweh, Minggu (5/5/2019) malam. (FOTO ANTARA/HO/Lapas Muara Teweh/Kasriadi)

Muara Teweh (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada bulan suci Ramadhan bekerjasama dengan Kementerian Agama setempat melaksanakan kegiatan keagamaan seperti pesantren kilat bagi para narapidana di Lapas tersebut.

Memasuki bulan suci Ramadhan pihaknya melaksanakan kegiatan keagamaan bagi napi yang beragama Islam. Nantinya akan dilaksanakan kegiatan seperti biasanya yakni shalat tarawih, tadarus Alquran di blok pesantren Darul Huda yang dilaksanakan hingga pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan keagamaan lainnya, kata Kepala Lapas Kelas II B Muara Teweh, Sarwito, Senin.

"Kita juga akan melaksanakan kegiatan pesantren kilat dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan bagi narapidana," tambah dia.

Menurut dia, kegaitan pesantren kilat ini tidak seperti pada umumnya yang harus dilaksanakan berapa lama, namun dilaksanakan secara rutin seperti tausiah, kegiatan keagamaan, yasinan bersama dan belajar Alquran.

"Untuk segi keamanan, nantinya hanya ada tiga blok yang akan rutin dikeluarkan, di antaranya blok wanita serta tamping-tamping yang sudah kita berikan tugas untuk pemeriksaan kantor," katanya.

Untuk kegiatan rutin lainnya sama seperti biasanya yakni pelayanan, kunjungan dan pembinaan.

"Jadi kegiatan inilah nantinya yang kita laksanakan di Lapas kelas II B Muara Teweh selama bulan suci Ramadhan, dan blok wanita yang ikut taraweh ada 15 orang" ujarnya.

Saat ini jumlah penghuni Lapas Muara Teweh sebanyak 322 terdiri dari tahanan ada 72 orang dan narapidana 244 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP).
Pewarta : Kasriadi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019