Bandung (ANTARA) - Sebagian dari ratusan remaja yang melakukan aksi vandalisme dan ditahan oleh Polrestabes Bandung di Mako Brimob Polda Jabar, telah dipulangkan karena sudah selesai diperiksa.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema mengatakan remaja yang terlibat dengan banyak dan dari berbagai usia sehingga butuh waktu sehingga pemeriksaan tuntas.

"Mereka itu campuran antara pelajar ada pengangguran dan elemen yang lainnya juga, tentu pemeriksaan itu kan tidak bisa sekaligus selesai. Apalagi dengan jumlah yang cukup banyak," kata Irman di Bandung, Kamis.

Saat ini pihaknya tengah memilah dari total sebanyak 619 remaja untuk diperiksa terkait keterlibatannya terhadap kejadian tersebut saat perayaan Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5).

Menurut dia,  para remaja tersebut ada yang hanya ikut gerombolan, ada yang mencorat coret fasilitas publik dan bahkan ada yang merusak kendaraan warga.

"Ada beberapa yang memang harus dilakukan pemeriksaan lanjutan, kita tetap teruskan. Ada juga yang belum ada cukup bukti, mereka kita pulangkan," kata dia.

Selain itu ia juga akan memberikan pembinaan bagi mereka yang kini dalam tahap pengawasan kepolisian. Setelah itu mereka akan dipulangkan kepada orang tua atau wali nya.

"Bagi yang sudah selesai dalam pemeriksaan awal tentu kita panggil pihak orang tuanya, kita berikan pembinaan lalu kita serahkan kepada orang tuanya," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019