Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama masyarakat di Desa Tuva Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, membuat jalur alternatif, agar masyarakat dapat menuju Wilayah Kulawi dan menuju Palu.

Pembuatan jalan alternatif itu di karenakan Jalan Poros Palu-Kulawi di Desa Tuva terputus disapu banjir pada Minggu (27/4).
Pantauan Antara di lapangan, pembuatan jalan itu menggunakan pacul dan sekop. Jalan alternatif itu hanya bisa di lalui kendaraan roda dua.

Tidak ada jalan lain, selain jalan tersebut yang dibuat secara swadaya melintas di bawah pohon kakao warga setempat.
Jalan di Desa Tuva terputus kurang lebih sepanjang 10 meter. Badan jalan di penuhi oleh kayu yang dibawa banjir.

Selain di Desa Tuva, jalan poros Palu-Kulawi di Desa Omu juga terputus. Kurang lebih 10 meter, jalan di di Desa Omu terputus. Hanya kendaraan roda dua yang dapat melintas di jalan setapak. "Jalan ini putus sekitar pukul 22.00 Wita, karena longsor dan banjir," ucap Ivan warga Desa Omu.

Ivan menyebut, tidak ada korban jiwa saat jalan tersebut putus. "Saat longsor secara bersamaan tidak ada yang melintas," kata dia.

Jalan setapak/alternatif dibuat tepat di dinding gunung, yang sangat rawan terhadap longsor.

Setelah melewati dinding gunung tersebut, warga harus melintas di jalan alternatif di bawah pohon kakao.

Pantauan Antara di lapangan, pukul 11.00 Wita, ada satu alat berat membuat jalan baru melintasi gunung agar masyarakat dengan muda dapat melintas.

Hingga berita ini di turunkan, kendaraan roda empat, belum dapat melintas jalan menuju Kulawi dari Palu. Semua kendaraan roda empat, tertahan di titik longsor dimana jalan putus pertama di Desa Omu.
 
Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Omu, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)
 
Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Omu, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)
Satu unit alat berat, membuat jalan baru dikarenakan Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Omu, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)
Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Omu, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)
Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Omu, warga melintas di jalur alternatif, di bawah pohon Kakao, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)
 
Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Tuva, warga melintas di jalur alternatif, di bawah pohon Kakao, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)
Jalan Poros Palu-Kulawi terputus di Desa Tuva, Selasa (30/4/2019). (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019