Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) membersihkan endapan lumpur di lokasi banjir yang telah surut pada beberapa titik seperti Kelurahan Cibubur Jakarta Timur serta Rawa Buaya, dan Kembangan Utara Jakarta Barat.

Laman resmi "www.bpbd.jakarta.go.id" di Jakarta, Senin, menyebutkan petugas dibantu warga membersihkan lumpur dari sisa banjir yang menerjang beberapa wilayah di Jakarta.

Saat ini, BPBD DKI mencatat masih terdapat dua titik lokasi banjir di Kampung Melayu RW 04 dan 05 Jakarta Timur dengan ketinggian air berkisar 10 cm hingga 40 cm.

Sementara itu, jumlah warga yang mengungsi akibat banjir mencapai lima kepala keluarga dan 19 jiwa di wilayah Jakarta Selatan.

Petugas gabungan dari BPBD, Dinas Gulkarmat, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan, Basarnas, PMI, petugas kelurahan, Satpol PP, PPSU, Babinsa, dan masyarakat mengevakuasi korban banjir ke tempat pengungsian.

Selain itu, Dinas Sosial Provinsi DKI melalui Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat mengirimkan bantuan logistik, makanan siap saji, tenda, serta dapur umum untuk pengungsi.

Sedangkan, Dinas Kesehatan menyalurkan bantuan obat-obatan dan mendirikan posko kesehatan, serta Dinas Lingkungan Hidup mengirimkan bantuan mobil toilet untuk kebutuhan sanitasi pengungsi, PT Palyja membantu air bersih, dan BAZNAS mendirikan posko dapur air minum.

Sebelumnya, wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan dilanda banjir akibat curah hujan yang tinggi dan status siaga I Pintu Air Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat pada Kamis (25/4) malam.

Sekitar 2.900 jiwa pengungsi akibat banjir kiriman akibat Kali Ciliwung yang meluap tersebut di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan itu.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019