Koalisi Perempuan dorong peningkatan peran politik

Koalisi Perempuan dorong peningkatan peran politik

Koalisi Perempuan Indonesia (Foto koalisiperempuan.or.id)

Jakarta (ANTARA) - Koalisi Perempuan Indonesia mendorong peningkatan keterwakilan dan peran perempuan di bidang politik untuk mencerminkan kemajuan emansipasi perempuan.

"Koalisi Perempuan Indonesia memandang bahwa peran dan kedudukan perempuan dalam Pemilu (pemilihan umum) 2019 mencerminkan kemajuan emansipasi Perempuan di bidang politik, sebagaimana dicita-citakan Kartini pada zamannya," kata Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan Indonesia Dian Kartikasari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu malam.

Namun, Dian menuturkan meskipun belum sepenuhnya terwujud kesetaraan dan keadilan gender, namun jalan menuju titik tersebut semakin terbuka.

Baca juga: "Kartini" pengawal demokrasi

Dalam memperingati Hari Kartini, Dian mengatakan perempuan-perempuan Indonesia harus lebih melek politik sehingga dapat terjun ke dunia politik untuk mendorong kesetaraan gender dan ikut terlibat aktif dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Perempuan-perempuan Indonesia memiliki andil yang besar untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Koalisi Perempuan Indonesia memberikan penghargaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) beserta dengan jajarannya hingga tingkat tempat pemungutan suara yang telah bekerja secara jujur, adil, bersih dan transparan dalam penyelenggaraan pemilu.

Koalisi Perempuan Indonesia juga memberikan penghargaan kepada aparat kepolisian, Tentara Nasional Indonesia dan masyarakat yang telah berjuang dalam mendistrubusikan logistik pemilu.

Koalisi Perempuan Indonesia akan terus memantau penghitungan suara dan akan menunggu hasil akhir yang diumumkan KPU sebagai keputusan resmi, dalam hal ini terkait dengan jumlah anggota legislatif perempuan yang terpilih.

Baca juga: Mardiani sayangkan perempuan belum memilih caleg perempuan
Baca juga: Ketua DPRD Kulon Progo ajak perempuan berjuang di jalur politik

 
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Budi Setiawanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019