Cianjur (ANTARA) - Warga pemilih Lanjut Usia (Lansia) di Cianjur, Jawa Barat, sebagian besar mengaku kesulitan saat hendak melakukan pencoblosan di bilik suara pada pemilu 2019.

Pasalnya pada Pemilu 2019 warga pemilih diberikan 5 jenis surat suara, untuk Presiden, DPD-RI, DPRD-RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/kota, sehingga hal tersebut cukup menyulitkan mereka menentukan pilihan.

"Rata-rata lansia yang datang ke TPS minta didampingi ketika hendak memilih. Sehingga membutuhkan warga yang cukup lama, untuk membimbing mereka saat mencoblos," kata Enung petugas TPS di Desa Rancagoong pada wartawan Rabu.

Dia menjelaskan, kendala tersebut sebagian besar terjadi saat pemilih lansia membuka surat suara untuk calon DPR RI, DPRD Propinsi dan Kabupaten, sedangkan untuk calon presiden tidak terkendala.

"Mereka mengeluh tidak bisa membaca dengan jelas nama calon yang ada di dalam surat suara tersebut, sehingga meminta dibacakan. Untuk pilpres sebagian besar mudah karena ada foto," katanya.

Keluhan tersebut terlontar dari puluhan orang pemilih lansia di Kampung Babakan Caringin, Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, saat hendak mencoblos terpaksa didampingi petugas karena kebingungan.

"Awalnya seorang nenek umur 80 tahun, masuk kebilik suara sendiri dan tidak lama dia memanggil petugas TPS, setelah didampingi nenek tersebut baru bisa menyalurkan hak pilihannya," kata Sri petugas TPS di Kecamatan Campaka.

Sri mengungkapkan, rata-rata masyarakat yang berusia diatas 60 tahun pada saat akan melakukan mencoblos mengaku merasa kesulitan terutama untuk pemilihan calon anggota dewan.

"Tidak hanya warga yang sudah Lansia, kami sebagai petugas sempat kebingungan, terutama pada saat akan melakukan mencoblos untuk surat suara DPD-RI, DPRD provinsi dan Kabupaten/Kota," katanya.

Sementara Suryani (67) warga Perumahan Pesona Cianjur Indah, membenarkan pemilih lansia seperti dirinya sangat kesulitan saat hendak memilih calon wakil rakyat untuk pusat hingga daerah.

"Hurufnya kecil-kecil, sehingga menyulitkan kami untuk mencoblos meskipun sudah tahu caleg yang akan dipilih dari partai mana dan namanya siapa. Tapi butuh lama untuk mencari," katanya.

Baca juga: Prabowo-Sandiaga unggul di sejumlah TPS Kelurahan Paseban
Baca juga: Warga Kampung Aquarium "lemas" lihat hasil hitung cepat
Baca juga: KPU imbau masyarakat selesaikan masalah pemilu sesuai aturan

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019