Jambi (ANTARA) - Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi mengirimkan dua perwakilannya, terdiri satu putra ke Korea Selatan dan satu putri ke Singapura untuk mengikuti program Pertukaran Pemuda Antarnegara (PPAN) 2019.

"Pemerintah Provinsi Jambi berupaya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di provinsi itu salah satunya melalui program PPAN," kata Gubernur Jambi Fachrori Umar, Minggu.

Program PPAN merupakan kegiatan rutin dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi yang diselenggarakan setiap tahun.

PPAN yang diselenggarakan Dispora Provinsi Jambi merupakan salah satu upaya bersama untuk meningkatkan SDM generasi muda Jambi.

Meningkatkan SDM generasi muda sangat penting sekali bagi pembangunan yang berkesinambungan dan merata, kata Fachrori.

Dijelaskannya, PPAN adalah program tahunan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan negara sahabat. PPAN merupakan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Kemudian PPAN bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerjasama generasi muda dengan negara sahabat, serta lebih meningkatkan rasa saling pengertian antara generasi muda Indonesia dengan negara sahabat.

"Saya juga mengharapkan, melalui PPAN ini bisa menciptakan generasi muda berwawasan internasional dan yang lebih penting adalah memberikan peluang generasi muda dalam menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dengan negara sahabat," kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

Menurutnya program itu sangat membutuhkan keseriusan mental, fisik dan pengetahuan, khususnya terkait dengan Provinsi Jambi. Serta dituntut memiliki talenta dan kemampuan bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan negara luar.

Generasi muda yang mengikuti PPAN dan mewakili Provinsi Jambi harus mengetahui tentang pariwisata, sosial budaya, bahasa, program dan lainnya terkait Provinsi Jambi.

"Saya juga berharap kepada peserta yang mewakili Jambi untuk mempromosikan Jambi di negara luar, terutama budaya dan pariwisata yang ada di Jambi," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Wahyuddin mengatakan selain untuk mempererat persahabatan dan kerja sama dengan negara sahabat.

PPAN ini juga bertujuan untuk menciptakan kader pemimpin bangsa, khususnya untuk Provinsi Jambi dari generasi muda saat ini yang memiliki wawasan internasional, sehingga nantinya Provinsi Jambi memiliki pemimpin yang hebat dan berwawasan luas.

"Melalui program ini, kita juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih mengenal adat istiadat, kesenian dan budaya negara sahabat, serta menciptakan generasi muda yang memiliki visi ke depan untuk terus berdaya dan berkarya," kata Wahyuddin.

Program PPAN, katanya, adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, dan Jambi akan terus mengirimkan generasi muda setiap tahunnya ke negara sahabat guna lebih meningkatkan SDM generasi muda di Provinsi Jambi.

"Tahun ini kami mengirim seorang putra ke Korea Selatan dan seorang putri ke Singapura sebagai negara tujuan dari program PPAN ini," kata Wahyuddin.*


Baca juga: Pemkot Tangerang seleksi peserta pertukaran pemuda antardaerah

Baca juga: 27 pemuda ASEAN ikuti program pertukaran pemuda di Korea


 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Dodi Saputra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019