Pada dasarnya pelaksanaan pemilu 2019 di Negeri Sabah ini berlangsung lancar dan aman
Kota Kinabalu (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Pemilu RI, Gunawan Suswantoro memantau hari "H" pemungutan suara pemilu presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif pada 2019 di Kota Kinabalu Negeri Sabah, Malaysia.

Gunawan saat memantau TPS di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Minggu menyatakan maksud kedatangannya memang ingin melihat langsung proses pemungutan suara TPS di Negeri Sabah.

Ia mengungkapkan, secara umum pelaksanaan pemungutan suara di TPS Kota Kinabalu berlangsung baik dan lancar.

Gunawan menambahkan, dari 26 TPS di Kota Kinabalu tampak WNI sangat antusias sehingga diharapkan memberikan nuansa yang baik terhadap pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Bawaslu RI selaku penyelenggara Pemilu 2019 mengapresiasi kinerja PPLN dan Panwaslu Kota Kinabalu mulai dari tahapan hingga pemungutan suara serentak seluruh Malaysia pada 14 April 2019.

Meskipun dia akui, masih banyak hal-hal yang perlu dievaluasi, terutama kurangnya petugas pengawas pada kotak suara keliling (KSK) di ladang-ladang kelapa sawit.

"Kekurangan tenaga pengawas di KSK di Sabah ini tentunya menjadi bahan evaluasi bagi Bawaslu RI," ucap dia.

Ia mengharapkan pada pelaksanaan pemilu berikutnya kekurangan ini dapat diperbaiki makanya segala kendala dilaporkan.

"Pada dasarnya pelaksanaan pemilu 2019 di Negeri Sabah ini berlangsung lancar dan aman," ujar Gunawan didampingi sejumlah stafnya.

Tak lupa dia mengapresiasi KJRI Kota Kinabalu atas peran sertanya sehingga pelaksanaan pemungutan suara pilpres dan pileg kali ini.

Pewarta: Rusman
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019