Kita pertumbuhannya oke, inflasinya oke, penurunan tingkat kemiskinan oke, gini rasio turun, tingkat pengangguran turun
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kondisi perekonomian nasional tidak terdampak oleh tekanan eksternal yang terjadi akibat gejolak di Turki dan Argentina.

Darmin saat ditemui di Jakarta, Jumat, mengatakan saat ini indikator ekonomi makro dalam keadaan terjaga dan stabil sehingga tidak rentan dari kondisi global.

"Kita pertumbuhannya oke, inflasinya oke, penurunan tingkat kemiskinan oke, gini rasio turun, tingkat pengangguran turun," katanya.

Meski, Darmin mengakui masih ada persoalan utama di sektor ekonomi yaitu defisit neraca perdagangan yang terjadi akibat kinerja ekspor yang melambat.

Namun, kondisi neraca pembayaran dalam keadaan baik yang ditandai dengan masuknya aliran modal seiring redanya sentimen kenaikan suku bunga The Fed.

Secara keseluruhan, menurut dia, belum ada hal yang patut dikhawatirkan karena fundamental ekonomi masih dalam kondisi sehat.

"Spill over terjadi kalau anda ada sakitnya," kata Darmin.

Sebelumnya, perekonomian global dalam sepekan terakhir diwarnai tekanan likuiditas mata uang lira, Turki, menyusul intervensi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di pasar uang negara setempat.

Selain itu, gejolak ekonomi juga terjadi di Argentina seiring dengan merosotnya nilai peso.

Baca juga: Stabilitas keuangan domestik terjaga di tengah gejolak Turki-Argentina
Baca juga: BI: Konsumsi masyarakat tinggi dorong optimisme pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019