Gubernur Kalteng berharap Presiden resmikan Bandara Tjilik Riwut

Gubernur Kalteng berharap Presiden resmikan Bandara Tjilik Riwut

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) memotong pita di salah satu gerbang keberangkatan terminal baru Bandara Tjilik Riwut, Kamis (28/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran tetap berharap Presiden Joko Widodo dapat meresmikan terminal baru Tjilik Riwut, sekalipun sudah mulai dioperasionalkan per 28 Maret 2019.

"Kami terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar bapak Presiden Jokowi bisa meresmikannya," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memantau tanda telah mulai beroperasinya terminal baru Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kamis.

Rencana awal terminal baru Bandara Tjilik Riwut yang selesai dibangun pada tahun 2018, akan diresmikan secara langsung oleh presiden pada Februari 2019 lalu. Namun karena sejumlah kendala dan padatnya agenda presiden, akhirnya hingga saat ini rencana tersebut terus mengalami penundaan.

Sugianto menyebut, beroperasinya terminal baru itu akan memberikan dampak positif terhadap Kalteng. Selain terhadap aktivitas penerbangan di bandara, juga sebagai pintu gerbang pertama dan utama bagi daerah.

"Terminal baru ini sangatlah megah dan mewah, tentu akan memberikan kenyamanan bagi setiap penumpang yang akan berangkat maupun datang melalui Bandara Tjilik Riwut nantinya," kata Sugianto.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu mengaku, pihaknya ingin agar keberadaan terminal baru tersebut diimbangi dengan frekuensi penerbangan yang tinggi dengan berbagai rute ke sejumlah wilayah di penjuru tanah air.

Untuk itu. diperlukan sejumlah upaya baik oleh pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota se-Kalteng, salah satunya memacu percepatan dan peningkatan kualitas perekonomian di daerah.

Menurutnya, jika perekonomian di daerah semakin baik maka akan memberikan dampak secara langsung, terhadap peningkatan kebutuhan penerbangan oleh masyarakat dalam menunjang keperluan usaha yang mereka miliki.

"Makanya kami akan berupaya secara maksimal, menarik minat pengusaha untuk berinvestasi di Kalteng. Sehingga dapat meningkatkan serta memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat," tegas Sugianto.

Selain itu, Pemprov Kalteng juga akan mengembangkan berbagai sektor potensial, seperti pariwisata yang ada di sejumlah kabupaten/kota yang kian diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca juga: Terminal baru Bandara Tjilik Riwut mulai dioperasikan

Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun gedung perpustakaan di lokasi strategis
Pewarta : Jaka Sugiyanta/Advertorial
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019