melakukan pelunasan pada saat mendekati hari terakhir sangat melelahkan karena membutuhkan waktu beberapa jam hanya untuk giliran ke loket pelayanan penyetoran BPIH
Palembang (ANTARA) - Antrean calon jamaah haji di loket pelayanan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji di sejumlah Bank Syariah di Kota Palembang, Sumatera Selatan masih sepi.

Pantauan di Bank BRI Syariah Cabang Palembang, Selasa, tampak ruang tunggu di depan loket pelayanan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) hanya ada beberapa orang saja yang menunggu giliran ke loket petugas bank.

Salah seorang calon jamaah haji Yusuf saat menunggu antrean di bank tersebut mengatakan dirinya berupaya memanfaatkan kesempatan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji tahap pertama yang dijadwalkan pada Maret hingga pertengahan April 2019 ini untuk menghindari antrean panjang.

"Berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah berangkat haji, melakukan pelunasan pada saat mendekati hari terakhir sangat melelahkan karena membutuhkan waktu beberapa jam hanya untuk giliran ke loket pelayanan penyetoran BPIH," ujarnya.

Menurut dia, calon jamaah haji yang ditetapkan Kanwil Kementerian Agama Sumsel berangkat pada tahun ini, jika telah memiliki uang lebih baik memanfaatkan kesempatan pertama menyetor sisa BPIH.

Untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji pada tahun ini, ujar Yusuf,  dirinya menunggu sekitar tujuh tahun dengan membayar setoran awal Rp25 juta, sementara secara keseluruhan BPIH yang harus dibayarkan sekitar Rp33,5 juta per orang atau tinggal menambah Rp8,5 juta lagi pada masa pelunasan sekarang ini, katanya.

Sementara Kasubag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latif mengimbau jamaah calon haji yang ditetapkan berangkat pada 2019 ini agar segera melunasi sisa setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Untuk sementara ini berdasarkan data yang sudah melunasi BPIH sekitar 2.000 orang dari 6.988 jamaah yang ditetapkan berangkat pada tahun ini, kata Saefudin.

Baca juga: 19.401 calon haji reguler lunasi BPIH hari pada pertama

Baca juga: Pelunasan biaya haji reguler Mulai 1 Juni

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019