Alirkan bantuan untuk korban banjir Jayapura terus menjadi komitmen Freeport

Alirkan bantuan untuk korban banjir Jayapura terus menjadi komitmen Freeport

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas (dua kiri) ketika mendengarkan penyampaian dari Wakil Bupati Jayapura Giri Wijiyantoro (tiga kiri) di halaman kantor bupati, Gunung Merah, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (19/3) (ANTARA News Papua / Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) berkomitmen terus mengalirkan bantuan terhadap korban yang terdampak banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas usai melihat secara langsung dampak bencana alam di Bumi Kenambay Umbay, nama lain Kabupaten Jayapura, pada Selasa siang.

"Proses penyelamatan terhadap korban bencana banjir di wilayah Sentani, Jayapura yang terjadi sejak Sabtu (16/3), saya lihat terus berjalan, semua pihak saling mendukung dan membantu," katanya di Jayapura.

PTFI yang beroperasi di wilayah Provinsi Papua, sebutnya akan melanjutkan dukungannya bagi warga yang terkena dampak banjir di wilayah Sentani dan sekitarnya.

"Tadi saya terjun langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam proses penyelamatan korban dan penanganan bantuan bagi korban yang terkena dampak bencana banjir bandang tersebut," ujarnya.

Kehadirannya, tambahnya sekaligus untuk memberikan dukungan bagi korban selamat dan keluarga korban meninggal, serta Tim Emergency Preparedness & Respond (EPR) PTFI yang telah bergabung dengan tim gabungan TNI/Polri, Basarnas, BNPB dalam membantu masyarakat korban banjir bandang di Sentani.

"PTFI sebagai bagian tidak terpisahkan dari Papua dan masyarakat Papua, ikut berduka atas kejadian ini. Kami prihatin atas situasi ini, oleh karena itulah kami turun langsung ke lokasi bencana alam ini untuk membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Sentani. Kami menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dalam musibah ini," jelas Tony.

Ia juga mengungkapkan langkah dan sikap yang langsung diambil oleh perusahaan tambang tembaga dan emas raksasa dunia itu, setelah mendapat informasi terjadi bencana banjir bandang di Jayapura.

"PTFI bereaksi cepat dengan langsung mengirimkan bantuan awal berupa bahan makanan seperti makanan siap saji, dan air minum ke lokasi banjir di Sentani," katanya.

Bantuan PTFI tersebut, menurutnya merupakan bantuan tahap pertama yang sudah didistribusikan sejak Minggu (17/3) dan akan terus didistribusikan pada hari-hari mendatang.

PTFI, lanjutnya akan terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah agar bantuan itu sampai di tangan warga yang terkena dampak bencana ini.

“Kami telah melakukan pembahasan bersama dengan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Wakilnya Giri Wijiyantoro sekaligus Kepala Penanggulangan Bencana Daerah, lalu dengan Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo, Kepala Basarnas Marsma Bagus Puruhito dan pihak terkait lainnya agar bantuan terdistribusi dengan baik sampai ke masyarakat korban banjir," lanjut Tony.

Dalam memberikan bantuan, PTFI memberikan dukungan tidak dalam bentuk uang tunai, tetapi dalam bentuk barang kebutuhan yang diperlukan oleh warga yang terkena dampak.

Tony menegaskan bahwa Tim EPR Freeport yang ditugaskan ke lokasi bencana ini adalah tim terbaik yang dimiliki PTFI. Tenaga kesehatan dari ISOS juga sudah diterbangkan dari Jakarta ke Jayapura untuk ikut membantu di Sentani.
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019