Jakarta (ANTARA) - Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan sofbol tingkat Asia bertajuk Asia Women Softball Championship yang akan digelar di Jakarta, 30 April-7 Mei 2019.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) Andika Monoarfa di Jakarta, Jumat mengungkapkan  ini merupakan kali pertama bagi Indonesia dipercaya oleh federasi baseball dan softball internasional WBSC untuk menggelar turnamen sofbol tingkat Asia yang juga salah satu ajang pra-kualifikasi Olimpiade itu.

"Sejauh ini sudah ada 12 negara yang terdaftar sebagai peserta," kata Andika. Di antaranya Jepang dan Chinese Taipei dipastikan ikut.

Indonesia sendiri memasang target untuk mencapai peringkat lima di kejuaraan Asia itu.

"Karena mengalahkan peringkat satu dan juara dunia, Jepang, untuk saat ini tidak mungkin," kata Andika.

Oleh karena itu, target terdekat bagi timnas sofbol putri Indonesia adalah mengalahkan Korea Selatan.

"Dengan Korea kami sudah bisa mencetak skor, yang biasanya 13-0, sekarang sudah 4-2. Jadi target yang paling dekat di Asia Cup kami ingin menang melawan Korea," kata Andika.

Kejuaraan tersebut juga dijadikan ajang pemanasan dan seleksi pelatnas untuk SEA Games 2019 nanti.

Sementara untuk bisa lolos ke Olimpiade, enam wakil terbaik Asia akan diadu dengan dua negara terbaik di Oceania di kualifikasi Asia-Oceania untuk mendapatkan satu tiket ke Olimpiade dari grup Asia-Oceania.

"Lumayan berat. Untungnya Jepang tidak ikut karena dia tuan rumah," kata Andika.

"Kalau kita ingin ambil Olimpiade, kita harus bisa kalahkan Chinese Taipei, setelah itu kalahkan New Zealand dan Australia," pungkas Andika.








 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019