Bandung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Jawa Barat, melibatkan sebanyak 550 orang untuk melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019, di Gudang Surat Suara KPU Kota Bandung, Senin.

"Hari ini memulai proses pelipatan bagi surat suara untuk daerah pemilihan empat DPRD Kota Bandung, di Gudang Surat Suara KPU Kota Bandung," kata Ketua KPU Kota Bandung, Suharti.

Dia mengatakan para tenaga pelipat surat suara tersebut seluruhnya berasal dari 30 kecamatan di Kota Bandung dan juga melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagai koordinator proses pelipatan tersebut.

"Rata-rata buruh harian ada juga yg memang ibu rumah tangga, dan juga kita pastikan mereka terbiasa melakukan proses sortir dan lipat yang juga sudah kita libatkan pada Pilkada tahun kemarin," katanya.

Suharti mengatakan seluruhnya surat suara DPRD Kota Bandung ini dibagi menjadi enam jenis, mulai dari dapil satu sampai dapil enam.

"Supaya menghidari surat suara yang tertukar atau terselip masuk kedapil yang lain, hari ini semuanya mengerjakan surat suara (DPRD) dapil empat Kota Bandung," kata Suharti.

Saat ini KPU Kota Bandung telah menerima tiga jenis surat suara yaitu DPRD Kota Bandung, DPRD Provinsi Jawa Barat. Sementara itu, Suharti menyebutkan surat suara untuk DPR RI baru datang hari ini.

"Kita tinggal menunggu surat suara untuk DPD Jawa Barat dan surat suara untuk Presiden. Itu kita masih menunggu konfirmasi dari percetakan," katanya.

Dia menyebutkan hari perdana proses pelipatan surat suara ini akan menjadi patokan bagi hari-hari selanjutnya sehingga pihaknya bisa memiliki estimasi waktu untuk menyelesaikan seluruh pelipatan surat suara.

"Target sih akhir Maret kita selesai, nanti kita langsung mengepak kedalam kotak suara," katanya.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019