Kegiatan ini kami bekerjasama dengan tim dokter dari Bernhoven hospital Belanda yang akan melaksanakan operasi katarak mulai 14 Maret 2019
Ambon (ANTARA) -  Tim dokter dari Bernhoven Hospital Belanda akan melaksanakan penanggulangan kebutaan melalui operasi katarak bagi warga kota Ambon dan sekitarnya.

Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissingen (AV) Daniel Siegers di Ambon, Rabu,  menyatakan dalam rangka meningkatkan status kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota melalui UPTD Balai kesehatan mata melaksanakan kegiatan penanggulangan kebutaan katarak.

"Kegiatan ini kami bekerjasama dengan tim dokter dari Bernhoven hospital Belanda yang akan melaksanakan operasi katarak mulai 14 Maret 2019," katanya.

Ia mengatakan, operasi katarak diperuntukkan bagi masyarakat Ambon dan sekitarnya, dengan fasilitas dan alat kesehatan yang modern, maka dilakukan penanggulangan kebutaan secara gratis.

Masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan dan kebutaan akibat katarak dapat mendaftarkan diri di balai kesehatan mata AV Passo mulai 4- 8 Maret 2019.

"Sampai saat ini sudah 250 warga yang mengalami gangguan kesehatan mata yang telah mendaftar. Kita targetkan 400 orang dapat terlibat dalam kegiatan ini," ujarnya.

Daniel menjelaskan, operasi katarak akan dilakukan empat dokter yakni tiga dari Belanda dan satu dari kota Ambon, serta dibantu tiga orang perawat dari Manado Sulawesi Utara.

"Target kita sebanyak mungkin warga kota Ambon yang mengalami gangguan kesehatan mata, karena operasi dan pemeriksaan penyakit mata dilakukan bersama dengan tim dokter dari Belanda," katanya.

Ditambahkannya, kegiatan ini tidak hanya sebatas pemeriksaan penyakit katarak tetapi seluruh penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan.

"Setelah pendaftaran maka dilanjutkan dengan proses screening dan tindakan operasi oleh tim medis, kita berharap seluruh masyarakat dapat dilayani dengan baik," kata Daniel.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019