Sekitar 500 orang yang sudah kita persiapkan
Bandung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung menerima 1,9 juta surat suara Pemilu 2019 untuk pemilihan anggota DPRD Kota Bandung daerah pemilihan satu sampai enam di STT Mandala, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Senin.

Ketua KPU Kota Bandung, Sunarti mengatakan sekitar 12 truk mengantar surat suara tersebut ke gudang yang telah ditentukan.

Pihaknya, kata Sunarti, sudah berkoordinasi dengan percetakan untuk segera mendatangkan surat suara sehingga hari ini hanya surat suara DPRD.

"Pengiriman ini kita simultan karena kalau kita nunggu sampai selesai, khawatirnya tidak selesai juga proses sortir dan lipat," katanya.

Dia menyebutkan proses penyortiran dan pelipatan akan dilakukan mulai Senin pekan depan.

Ia juga akan memastikan untuk mempersiapkan petugas yang tahu aturan pelipatan dan bisa membedakan yang cacat.

"Sekitar 500 orang yang sudah kita persiapkan," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa tempat surat suara dan kotak suara itu terpisah. Saat ini proses perakitan kotak suara masih dikerjakan.

"(Kotak suara) ada di gudang kita di daerah Panyileukan, tidak disatukan dengan proses sortir dan lipat. Hari ini masih perakitan kotak suara karena memang perakitan membutuhkan waktu, sehingga kita membagi dua tim," katanya.

Saat ini pihaknya juga akan menerapkan standar yang berlaku untuk sistem penyimpanan surat suara agar tidak ada yang rusak.

"Kita akan pasang valet sebelum proses pelipatan nanti akan kita pasang sesuai SOP. Ada valet dan sebagainya, sehingga tidak akan nyentuh ke lantai," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019