Sleman (ANTARA News) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta masih melakukan penyelidikan terhadap dugaan kesengajaan dalam terbakarnya mobil Toyota Rush nopol AB-1387-MU milik Supriyoko yang tercatat sebagai calon legislator DPRD Sleman dari PDIP di sekitar rumahnya Jalan Bantulan No. 1, Sidoarum, Godean, Sleman, Jumat dini hari.

"Kami masih melakukan pendalaman penyelidikan, apakah mobil sengaja dibakar orang atau karena faktor lain seperti arus pendek kelistrikan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo di lokasi kejadian, Jumat.

Menurut dia, saat ini belum dapat dipastikan penyebab terbakarnya mobil tersebut.

"Belum dapat disimpulkan, masih dilakukan pengumpulan data dan bukti-bukti, serta keterangan saksi," ucapnya.

Ia mengatakan, di dalam mobil ditemukan satu botol minuman. Dugaan sementara, isi botol itu adalah minyak tanah.

"Hadi juga menyebutkan jika dalam kejadian itu kemungkinan besar tidak ada aksi pelemparan bom molotov. "Untuk hasil pastinya masih menunggu pemeriksaan tim Ini," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini juga belum dapat disimpulkan apakah kejadian yang menimpa Supriyoko ada kaitannya dengan kejadian pembakaran kendaraan yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah.

"Kami tidak bisa mengandai-andai kejadian itu ada hubungannya dengan di Semarang atau tidak," katanya.

Selain mengamankan barang bukti berupa botol yang diduga berisi minyak tanah, polisi juga turut membawa bendera partai dan dokumen-dokumen yang terbakar sebagai barang bukti.

Sedangkan korban Supriyoko mengatakan kejadian itu terjadi sekitar pukul 01.35 dini hari.

"Tetangga juga tidak ada yang tahu, karena pada pukul 01.00 WIB masih ada warga yang melakukan ronda," tuturnya.

Menurut dia, saat kejadian dirinya seang tidur terlelap, sedangkan mobil diparkir di depan rumah tetangganya. Tidak jauh dari rumahnya.

"Istri saya membangunkan karena mendengar suara alarm mobil," katanya.

Ia mengatakan, setelah itu dirinya mencari kunci mobil untuk mematikan alaram. Namun, dia tak kunjung menemukan kunci itu.

"Kemudian saya keluar dan justru menemukan mobil dalam kondisi terbakar. Dibantu istri, tetangga dan kuli bangunan kami berusaha memadamkan api," katanya.

Baca juga: Delapan mobil padamkan kebakaran gudang lilin

Baca juga: Rumah dan dua mobil di Jembatan Lima terbakar

Baca juga: Belasan mobil damkar dikerahkan atasi kebakaran wihara di Bandung

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019