Warga Muslim Serang-Banten diajak aplikasikan Al Quran dalam kehidupan

Warga Muslim Serang-Banten diajak aplikasikan Al Quran dalam kehidupan

Pawai MTQ Banten Warga melihat Alquran ukuran besar saat Pawai Pembukaan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) Banten ke-13 di Serang, Kamis (7/4/2016). MTQ tersebut diikuti 1.800 peserta yang mengikuti 9 cabang lomba dan berlangsung hingga 11 April 2016. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Serang, (ANTARA News) - Wali Kota Serang Syafrudin mengajak masyarakat Muslim Kota Serang, Provinsi Banten, bisa mengaplikasikan nilai-nlai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari sebagai pemaknaan terhadap penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ).

"Saya berharap jiwa Qurani bisa diterapkan melalui kehidupan sehari-hari, serta dapat merefleksikan Kota Serang menjadi kota yang Berdaya dan Berbudaya," kata Walikota Serang Syafrudin saat menutup MTQ ke-IX Tingkat Kota Serang, di Serang, Kamis.

Syafrudin mengatakan, keterlibatan masyarakat Kota Serang dalam pelaksanaan MTQ sangat penting karena ajang tersebut dapat lebih menggali potensi-potensi yang ada.

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh elemen masyarakat, terutama Kecamatan Walantaka yang telah menyukseskan penyelenggaran MTQ IX Kota Serang. Semoga tahun-tahun ke depan bisa lebih baik lagi," kata Syafrudin.

Ia mengatakan, tahun ini yang keluar sebagai juara umum adalah Kecamatan Walantaka dan berharap yang keluar sebagai juara bisa menjadi juara di tingkat provinsi maupun nasional, serta bisa mengajak masyarakat untuk cinta pada Al Quran.

Dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kota Serang Tahun 2019, Kecamatan Walantaka meraih juara umum dalam acara MTQ IX tingkat Kota Serang dengan perolehan nilai 169.

Koordinator Kafilah Kecamatan Walantaka, Rosyidin mengatakan, MTQ IX tingkat Kota Serang merupakan wadah untuk masyarakat dalam mengaplikasi nilai-nilai Islami dan religius.

"Alhamdulillah merasa bersyukur, berarti kami sudah berusaha maksimal dengan melakukan seleksi calon peserta yang akan diikutsertakan MTQ IX ini tidak sia-sia. Mudah-mudahan menjadi motivasi dan semangat besar untuk calon-calon qari atau qariah berikutnya," kata Rosyidin.

Dengan diraihnya juara umum Kecamatan Walantaka, ia berharap akan muncul generasi-generasi yang qur`ani dan lebih baik lagi khususnya di wilayah Walantaka.

MTQ IX tingkat Kota Serang diikuti oleh 480 peserta dari 6 kecamatan di Kota Serang, dan mempertandingkan 12 cabang lomba.

Kecamatan Walantaka keluar menjadi juara umum dengan perolehan nilai 169 diraih melalui cabang Tilawah Al-Qur`an, Hifdzil Qur`an, Tafsil Al-Qur`an, Khatil Qur`an, Syarhil Qur`an, Fahmil Qur`an, Qiro`atul Kutub, M2IQ, dan Tahfidz Hadits.

Sementara untuk Kecamatan Cipocok Jaya memperoleh nilai 95, Kecamatan Kasemen nilai 89, Kecamatan Taktakan 45, Kecamatan Curug 40, dan Kecamatan Serang mendapat nilai 13.

Baca juga: Pondok Pesantren "Nurul Alami" Serang membuat inovasi dodol kangkung

Baca juga: Ribuan warga gelar pawai sambut MTQ Banten

Baca juga: Banten juara umum MTQ Nasional
Pewarta : Mulyana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019