Takalar (ANTARA News) - Calon wakil presiden RI Ma'ruf Amin memeroleh gelar adat Karaeng Manaba dari Kerajaan Karaeng Galesong, dalam kunjungannya ke Istana Balla Lompoa, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan, Rabu. 

"Hari ini dalam kunjungan saya ke kabupaten Takalar, saya mendapat gelar dari kerajaan Galesong yaitu Karaeng Manaba. Jadi saya sekarang jadi keluarga Takalar, jadi keluarga Karaeng Galaesong. Jadi oleh karena itu yang ada disini adalah keluarga saya," kata Ma'ruf Amin. 

Dia mengatakan gelar Karaeng Manaba memiliki arti pemimpin yang bijaksana. Ma'ruf mengaku termotivasi atas pemberian gelar tersebut. 

"Gelar ini memberi motivasi, memberikan dorongan, dan juga memberikan semangat. Serta memberi inspirasi untuk saya, mudah-mudahan menjadi pemimpin, betul-betul saya menjadi pemimpin yang bijaksana," kata dia. 

Dia mengaku mendapat dorongan untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju, lebih sejahtera, dan lebih memberikan rasa aman kepada seluruh rakyat Indonesia.

Pemberian gelar dilakukan oleh keturunan dari Kerajaan Karaeng Galesong Takalar, yakni Mallarangeng Abdullah Karaeng Gassing didampingi Ketua adat Karaeng Galesong, M. Roem Karaeng Mattawang. 

Roem Karaeng Mattawang mengatakan sosok Kiai Ma'ruf tepat menerima gelar Karaeng Manaba, karena Ma'ruf merupakan figur yang bijak dan memiliki pengalaman di bidang keagamaan dan pemerintahan.

"Kita harapkan, bilamana beliau terpilih akan membangun dan memimpin bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi. Itu lah makna Karaeng Manaba," ujar Roem.

Selain itu Roem mengungkapkan berdasarkan sejarah, Kerajaan Galesong dulu pernah berpetualang ke Pulau Jawa dan menjalin kekerabatan dengan Kerajaan di Banten.

Karena itu, menurut Roem, kekerabatan Karaeng Galesong patut disambung kembali dengan warga asli Banten, dalam hal ini Ma'ruf Amin yang merupakan putra Banten.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019