Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan, mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin, membicarakan soal pencegahan korupsi pada sektor swasta.

"Kami juga membicaran tentang program, khususnya pencegahan korupsi di sektor swasta," kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, di Gedung KPK, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Syarif mengatakan, pencegahan korupsi pada sektor swasta perlu dilakukaan karena Indonesia dan Australian akan menandatangani perjanjian kerja sama ekonomi yang besar

"Oleh karena itu menjadi perhatian juga Pemerintah Australia dan Kedutaan Besar Australia di Indonesia," ucap dia.

Ia juga menyatakan bahwa lembaganya juga bekerja sama dengan Australia soal masalah aset korupsi yang berada di Australia.

"Saya juga menyampaikan hal itu kepada duta besar Australia karena beberapa kasus korupsi yang terjadi di Indonesia beberapa di antaranya ada yang mengenai masalah aset di Australia dan kami bekerja sama mengenai hal itu," ucap Syarif.

Quinlan menyatakan, Australia memiliki sejarah panjang dan kerja sama dengan KPK soal pemberantasan korupsi.

"Kami terus memberikan dukungan seiring dengan luasnya area kerja sama yang ada antara lain sesuai dengan permintaan Indonesia bantuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi profesional. Dua negara memang membutuhkan kerja sama yang efektif untuk mencegah tindak kejahatan dan penagakan hukum," ucap dia.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019