Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana melakukan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Vietnam pada 27-28 Februari, lapor Politico pada Selasa (5/2).

Trump mengungkapkan tanggal itu saat bertemu dengan beberapa pemandu acara TV, lapor media itu. Trump diperkirakan akan mengumumkan rincian pertemuannya dengan Kim itu dalam pidato tahunan State of the Union di Kongres pada Selasa malam waktu setempat.

Masih belum diketahui di kota mana pembicaraan tersebut akan digelar.

Trump sebelumnya bertemu dengan Kim pada 12 Juni di Singapura dan bersemangat untuk menggelar pertemuan puncak kedua meskipun tidak ada kemajuan berarti dalam mendesak Korut untuk menghentikan program senjata nuklirnya, yang mengancam AS.

Negara komunis Vietnam, yang memiliki hubungan baik dengan AS dan Korut, kerap disebut-sebut sebagai tuan rumah pertemuan itu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengunjungi Vietnam pada Juli tahun lalu dan meminta Korut untuk mencontoh langkah negara Asia Tenggara itu.

Pompeo mengatakan bahwa Trump meyakini Pyongyang dapat mengikuti langkah Hanoi untuk menjalin hubungan yang baik dengan Washington dan meraih kemakmuran setelah mengakhiri perang dengan AS.

Perwakilan Khusus AS untuk Korut Stephen Biegun dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan Pyongyang pada pekan ini untuk memetakan hal yang menurutnya menjadi "landasan kuat" untuk pertemuan puncak kedua.

Baca juga: Pompeo: pertemuanTrump-Kim akan digelar di Asia
Baca juga: Kesempatan kedua bagi Trump-Kim raih momentum perundingan denuklirisasi


 
Sumber: Reuters
Penyunting: I Wayan Yoga H

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019