Kairo (ANTARA News) - Apabila suatu pengabdian saja bisa menjadi jalan menuju pada kejayaan, perenang Mesir berusia 76 tahun, Nagwa Yousef Ghorab, harusnya sudah merebut banyak medali hingga saat ini.

Dia masuk ke kolam renang pertama kali pada umur empat tahun dan menjadi juara nasional di negaranya untuk gaya punggung kategori di bawah usia 16 tahun dan juara gaya bebas pada umur 14.

Perempuan perenang tersebut harus berhenti mengikuti pertandingan dalam negeri pada usia 18 karena di Mesir pada saat itu tidak ada kejuaraan berenang untuk orang dewasa -- namun dia terus saja berlatih selama puluhan tahun.

"Saya buktikan kepada Anda dan semua orang bahwa usia bukan halangan jika kita sudah punya niat, dan jika kita melihat hidup dengan baik," kata Ghorab kepada Reuters.

Pertandingan renang untuk kelompok usia dewasa akhirnya kembali diadakan pada 2005 dan dia berhasil naik ke podium internasional untuk pertama kali sepuluh tahun kemudian, menggondol dua medali perunggu dalam pertandingan di Rusia.

"Sudah ada di dalam diri saya selama lebih dari 60 tahun, menunggu dilepaskan," dia menambahkan.

"Saya ingin unggul di ajang internasional, tidak ingin siapa pun mengalahkan saya. Saya bertanding membawa nama negara," ujarnya.

Saat ini Ghorab sedang menjalani pelatihan untuk menghadapi kejuaraan di Korea Selatan. Pelatihnya, Haytham Sabry, mengatakan Ghorab memiliki jantung seperti orang umur 20-an.

"Dia memutuskan kapan saat dingin atau panas, dia terus hadir untuk latihan tidak ada kejuaraan yang dilewatkannya," katanya.

Baca juga: Tiga Perenang Rusia Hilang di Mesir

 
Sumber: Reuters
Penyunting: Maria Diana A

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019