Batulicin (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menggelontorkan dana Rp10 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 untuk menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka, melalui Sekretaris, Abdul Latif, di Batulicin, Senin mengatakan dana sekitar Rp10 miliar tersebut akan difokuskan untuk pengadaan komputer yang akan digunakan seluruh SMP di Tanah Bumbu dalam melakasanakan UNBK.

"Jumlah komputer yang diperlukan setiap sekolah berberda-beda, dalam perhitungannya minimal yang diperlukan 30 persen dari jumlah siswa setiap sekolah. Apabila sekolah yang bersangkutan memiliki 100 siswa maka 30 komputer yang diperlukan," katanya.

Dia menjelaskan, secara keseluruhan di Kabupaten Tanah Bumbu ada 60 SMP, dan rencananya seluruh sekolah tersebut akan melaksanakan UNBK.

Sejauh ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu sudah melakukan persiapan dengan memberikan pelatihan kepada 120 orang untuk menjadi proktor dan teknisi yang direkrut dari masing-masing sekolah guna mendampingi pelaksanaan UNBK.

Masing-masing sekolah yang melaksanakan UNBK akan mendapatkan dua orang yang bertugas sebagai proktor dan teknisi, sehingga sekolah yang bersangkutan saat pelaksanaan UNBK ada teknisi khusus untuk membantu pelaksanaan ujian agar tidak terjadi kendala.

Saat ini untuk unit komputer yang akan digunakan UNBK masih dalam proses pemesanan, dan komputer yang digunakan adalah personal computer, bukan mengunakan laptop, dan kami pastikan barang tersebut akan segera datang sebelum April 2019.

"Nantinya bagi SMP yang wilayahnya belum memiliki jaringan listrik, maka sekolah yang bersangkutan akan melaksanakan UNBK di sekolah induk yang sudah memilki jaringan listrik, dan sejauh ini di Tanah Bumbu baru ada satu sekolah yang belum memiliki jaringan listrik," katanya.

Pihaknya mengharapkan agar pelaksanaan UNBK tingkat SMP ini berjalan dengan baik perlu adanya dukungan dari seluruh pihak sekolah agar memberikan bimbingan kepada calon peserta UNBK untuk mempelajari komputer agar saat pelaksanaannya calon peserta lebih terampil.*


Baca juga: 60 SMP Tanah Bumbu UN berbasis komputer

Baca juga: Kemdikbud keluhkan soal UN ujikan apa yang tidak diajarkan


 

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019