Jakarta (ANTARA News) - Korea Selatan (Korsel) menutup perjalanannya di fase Grup C Piala Asia 2019 dengan memuncaki klasemen, berkat kemenangan 2-0 atas China di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu malam WIB.

Kedua gol kemenangan pasukan Paulo Bento itu dibukukan melalui penalti Hwang Ui Jo (14') dan Kim Min Jae (51'), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Hasil positif ini membawa Korsel menduduki pucuk klasemen dengan nilai sempurna, sembilan poin, sedangkan China, yang juga telah memastikan lolos ke 16 besar berada di peringkat kedua dengan enam poin.

Penyerang Tottenham Hotspur Son, yang mendapat izin untuk absen saat timnya menang atas Filipina dan Kirgistan, memperlihatkan pengaruhnya pada penampilan perdananya di turnamen ini.
Baca juga: Son Heung-min tiba, siap tambah kekuatan Korsel

Son membuat timnya mendapat hadiah penalti yang sukses dikonversi oleh Hwang untuk membuka keunggulan timnya, dan melepaskan tendangan sudut untuk disambut tandukan Kim yang menggandakan keunggulan pada awal babak kedua.

Ini merupakan kemenangan yang layak didapat Korsel, yang terlihat tampil jauh lebih meyakinkan dengan keberadaan Son di tim mereka dan kedatangannya semestinya mendongkrak harapan untuk melaju lebih jauh di turnamen yang tidak pernah mereka menangi sejak 1960.

Korsel kini akan menghadapi tim peringkat ketiga terbaik dari Grup A, B, atau F, sedangkan China asuhan Marcello Lippi, akan bertemu Thailand di fase gugur.

Hwang gagal memanfaatkan peluang pada situasi satu lawan satu, dan Kim menanduk bola melebar beberapa saat kemudian. Son kemudian dilanggar Zheng Zhi dan Shi Ke, di mana Hwang sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor.

Pada menit ke-51, Kim menanduk bola tendangan sudut kiriman Son ke tiang dekat untuk menggandakan keunggulan Korsel.

Kim Moon Hwan melepaskan sepakan menyudut yang masih terlalu keras, sedangkan Kim Jin Su dan Hwang Hee Chan juga memiliki peluang yang semestinya dapat berujung kepada gol ketiga.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung Gyu, Kim Moon Hwan, Kim Jae Min, Kim Young Gwon, Kim Jin Su, Jung Woo Young, Hwang In Beom, Hwang Hee Chan, Lee Chung Young (81'), Joo Se Jong , Son Heung Min (Koo Ja Cheol 89'), Hwang Ui Jo (Ji Dong Wong 70')

China (4-3-3): Yan Junling, Zhang Linpeng, Liu Yiming, Shi Ke, Zhang Chengdong, Jin Jingdao, Zheng Zhi (Chi Zhongguo 57'), Zhao Xuri, Wu Xi (Gao Lin 61'), Yu Dabao, Liu Yang (Yu Hanchao 74')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019