Jakarta (ANTARA News) - Iran mengamankan langkah ke fase gugur Piala Asia 2019 setelah menang 2-0 atas Vietnam dalam pertandingan Grup D di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Sabtu malam WIB.

Kedua gol penentu kemenangan Iran itu dibukukan oleh penyerang Sardar Azmoun pada menit ke-38 dan 69, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Iran kini memuncaki klasemen grup dengan enam poin, sedangkan Vietnam di peringkat ketiga dengan nol poin. Bagi Vietnam, kekalahan dua kali berturut-turut ini membuat mereka harus meraih kemenangan saat berhadapan dengan Yaman dalam pertandingan terakhir fase grup guna memelihara peluang lolos ke putaran selanjutnya.

Pasukan Park Hang Seo ini tampil lebih baik pada fase awal pertandingan namun mereka kurang tajam, di mana Azmoun memperlihatkan bagaimana kualitasnya di depan gawang.

Kiper Vietnam Dang Van Lam berhasil menggagalkan tembakannya pada menit ke-26, namun tidak mampu menjaga gawangnya dari kemasukan ketika Saman Ghoddos mengirimkan umpan silang untuk dikonversi Azmoun ke tiang jauh.

Pemain pengganti Iran Ahmad Noorollahi menyia-nyiakan peluang bagus ketika ia tidak terkawal untuk memaksimalkan bola tendangan bebas pada pertengahan babak kedua.

Bagaimanapun, ia tidak akan terlalu menyesalinya ketika pasukan Carlos Queiroz akhirnya menggandakan keunggulan.

Proses pembangunan serangan membuat bola dapat dialirkan Mahdi Torabi kepada Azmoun, yang berada di bawah tekanan untuk melepaskan sepakan kaki kiri yang berbuah gol.

Pemain sayap Nguyen Quang Hai melepaskan sepakan melebar ketika Vietnam terus menekan pada fase akhir pertandingan.

Iran menutup fase grup dengan menghadapi negara tetangga Irak, yang akan berusaha mendulang kemenangan saat berhadapan dengan Yaman pada Sabtu malam.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Vietnam (5-4-1): Dang Van Lam, Ngoc Hai Que, Duy Manh Do, Trong Hoang Nguyen (Nguyen Tien Linh 85'), Tien Dung Bui, Van Hau Doan, Quang Hai Nguyen, Duc Huy Pham (Van Dai Ngan 59'), Hung Dung Do, Phan Van Duc (Van Toan Nguyen 46'), Cong Phuong Nguyen

Iran (4-1-4-1): Alireza Beiranvand, Vouria Ghafoori, Morteza Poualiganji, Hossein Kanaani, Ehsan Haji Safi, Omid Ebrahimi, Saman Ghoddos, Ashkan Dejagah, Vahid Amiri (Ahmed Nourollahi 64'), Mehdi Taremi (Mehdi Torabi 64'), Sardar Azmoun (Karim Ansarifard 79')
Baca juga: Iran tidak akan remehkan Vietnam
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019