Polsek ujung tombak penanganan pencurian kendaraan bermotor di Sumsel

Polsek ujung tombak penanganan pencurian kendaraan bermotor di Sumsel

Ilustrasi - Kantor Polisi (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Pangkalanbalai, Sumsel (ANTARA News) - Kepolisian sektor di tingkat kecamatan merupakan ujung tombak penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang sebagian besar daerah perairan.

Kendaraan bermotor hasil curian sering dibawa ke daerah perairan atau pelosok desa, sehingga kondisi ini perlu menjadi perhatian seluruh jajaran polsek dengan meningkatkan pengawasan masuk kendaraan hasil pencurian di wilayah hukumnya hingga pelosok desa, kata Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, di Pangkalanbalai, Kamis.

Salah satu polsek yang sering mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor yakni Polsek Rantau Bayur di bawah pimpinan Iptu Halim Kesumo.

"Hari ini jajaran Polsek Rantau Bayur mengamankan seorang DPO Hap alias Cepok dalam perkara pencurian dengan pemberatan dengan barang bukti sepeda motor Yamaha Vega warna merah nopol BG 4752 ND," ujarnya.

Menurut dia, kasus pencurian kendaraan bermotor terutama sepeda motor di wilayah hukum Polres Banyuasin akhir-akhir ini cukup tinggi.

Untuk mencegah terus meningkat kasus pencurian kendaraan bermotor itu, selain meningkatkan berbagai tindakan penegakan hukum, pihaknya mengimbau masyarakat pemilik kendaraan agar meningkatkan keamanan kendaraan dengan menambah kunci pengaman tambahan saat parkir.

Peningkatkan keamanan kendaraan saat diparkir dapat mempersulit pelaku kejahatan melancarkan aksinya melakukan pencurian, sehingga dapat menurunkan angka kasus pencurian kendaraan bemotor, kata Kapolres itu pula.

Sebelumnya, Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara menjelaskan bahwa kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini secara bertahap bisa diturunkan.

Berkat kerja keras jajaran polres dan partisipasi masyarakat angka kasus pencurian kendaraan bermotor sepanjang 2018 bisa diturunkan sekitar 16 persen.

Berdasarkan data penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor tahun 2017 tercatat 1.052 kasus, sedangkan pada tahun 2018 kasus yang ditangani turun menjadi 882 kasus, ujar Kapolda Sumsel itu pula.

Baca juga: Polisi tangkap pelaku curanmor di OKU
Baca juga: Polres Indramayu sita 69 motor bodong
Baca juga: Polisi tangkap pencuri kendaraan bermotor lewat jejaring sosial
Baca juga: Polisi tangkap pelaku curanmor di JICT 1
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019