Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan peluang munculnya gelombang dengan tinggi sampai dua meter di beberapa pelabuhan laut Lampung pada Rabu pagi hingga malam.

kewaspadaan kecepatan angin dapat mencapai lebih 25 knot di Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan), Merak (Banten), dan Labuhan Maringgai (Lampung Timur) serta potensi gelombang laut hingga mencapai dua meter di beberapa pelabuhan pada Rabu pagi hingga malam.

Menurut keterangan pers prakirawan Stasiun Maritim Lampung di Panjang, Bandarlampung, pada Rabu pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB Pelabuhan Kota Agung (Tanggamus) berpotensi menghadapi hujan ringan, angin yang bertiup dari barat sampai dengan barat laut dengan kecepatan 2-20 knot, gelombang dengan tinggi 0,2 hingga satu meter, dan jarak pandang delapan kilometer.

Di Pelabuhan Krui, Pesisir Barat, menurut prakiraan BMKG, hujan ringan turun, angin bertiup dari arah barat sampai utara dengan kecepatan 5-20 knot, tinggi gelombang 0,5 sampai dua meter, dan jarak pandang delapan kilometer.

Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan menurut prakiraan menghadapi hujan ringan, dengan angin bertiup dari arah barat daya sampai barat berkecepatan 5-25 knot, tinggi gelombang 0,3 sampai 1,5 meter, dan jarak pandang delapan kilometer.

Pelabuhan Merak di Banten juga berpeluang menghadapi hujan ringan, dengan angin bertiup dari arah barat daya sampai dengan barat berkecepatan 5-25 knot, tinggi gelombang 0,3-1,2 meter, dan jarak pandang delapan kilometer.

Kondisi cuaca serupa diprakirakan meliputi Pelabuhan Labuhan Maringgai di Lampung Timur, yang tinggi gelombang perairannya antara 0,2 dan 0,7 meter menurut prakirawan.

Sementara Pelabuhan Teladas, Tulangbawang, kondisinya diprakirakan berawan dengan angin bertiup dari arah tenggara sampai barat daya dengan kecepatan 2-16 knot, tinggi gelombang 0,2-0,6 meter, dan jarak pandang sembilan kilometer.

Pelabuhan Mesuji juga berawan, dengan angin bertiup dari arah tenggara sampai dengan barat daya dengan kecepatan 2-16 knot, tinggi gelombang 0,2-0,5 meter, dan jarak pandang sembilan kilometer.

Selain itu, hujan ringan hujan ringan dengan angin berkecepatan 2-18 knot bertiup dari arah selatan sampai barat, tinggi gelombang 0,2-0,7 meter, dan  jarak pandang delapan kilometer menurut prakiraan meliputi Pelabuhan Lempasing di Bandarlampung.

Baca juga:
BMKG: Gelombang tinggi diperkirakan masih terjadi di sejumlah perairan
Warga pesisir Lampung waspada gelombang tinggi

 

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018