Kabul (ANTARA News) - Utusan khusus Amerika Serikat untuk pembicaraan perdamaian Afghanistan, Zalmay Khalilzad, tiba di Kabul pada Rabu (19/12) untuk bertemu dengan para pemimpin pemerintah, setelah pembahasannya dengan wakil-wakil Taliban di Abu Dhabi pekan ini.

Khalilzad, mantan duta besar AS untuk Kabul dan dilahirkan di Afghanistan, memimpin usaha-usaha washington untuk mendorong negosiasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan untuk mengakhiri perang yang sudah berlangsung 17 tahun itu.

Pernyataan dari kedutaan besar AS di Kabul yang dikutip Reuters mengatakan Khalilzad akan bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani dan kepala Eksekutif Abdullah Abdullah.

Para pejabat AS menutup mulut terkait pertemuan-pertemuan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang dihadiri para pejabat dari Arab Saudi, UAE dan Pakistan. Tetapi satu pernyataan Taliban menyatakan pembicaraan dua-hari itu menitikberatkan pada penarikan tentara asing, tuntutan sentral yang diajukan gerakan itu dan juga perlakuan terhadap tawanan Taliban dan korban di kalangan warga sipil akibat serangan-serangan udara.

Washington tetap menyatakan bahwa penyelesain perdamaian harus disepakati antara pihak-pihak Afghanistan yang berperang tapi Taliban sejauh ini menolak berbicara langsung dengan pemerintah Afghanistan, yang mereka pandang rezim tak sah yang dipilih asing.

Para pejabat AS telah berusaha membujuk negara-negara termasuk Pakistan dan Arab Saudi untuk menekan Taliban agar menyepakati pembicaraan langsung. Khalilzad bertemu dengan Kepala Stad Angkatan Darat Pakistan pada Rabu menjelang keberangkatannya ke Kabul.

Penyunting: M. Anthoni/Eliswan Azly

Pewarta: Antara
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018