Wina (ANTARA News) - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen minyak Non-OPEC pada Jumat (7/12) sepakat untuk bersama-sama mengurangi produksi minyak mentah sebesar 1,2 juta barel per hari (bph), yang akan dilaksanakan pada Januari 2019 untuk periode awal enam bulan.

Menurut kesepakatan yang dicapai, negara-negara anggota OPEC berkontribusi memotong produksi 0,8 juta barel per hari dan produsen minyak Non-OPEC termasuk Rusia berkontribusi 0,4 juta barel per hari dari angka produksi Oktober. Tetapi rincian kuota untuk setiap negara anggota tidak diberikan.

Kesepakatan itu tercapai setelah Iran diberikan pengecualian untuk membatasi produksi karena sanksi-saksi Amerika Serikat.

Lonjakan produksi minyak AS, yang telah meningkat 2,5 juta barel per hari sejak awal 2016 menjadi 11,7 juta barel per hari, telah memberi OPEC dan produsen minyak lainnya lebih banyak tekanan dalam persaingan pasar global.

Keputusan pemotongan produksi bersama yang dibuat oleh anggota OPEC dan non-OPEC datang pada saat harga minyak turun sekitar 30 persen selama dua bulan terakhir, karena kelebihan pasokan di pasar minyak mentah global. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Harga minyak bangkit, akhirnya Saudi penuhi janji pangkas produksi

Baca juga: Saham Netflix, Amazon, dan Apple rontok, Wall street ditutup turun tajam

Baca juga: Saham Repsol melonjak, Bursa Spanyol ditutup menguat


 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018