Golf fee di Indonesia juga tergolong kompetitif dan murah serta pelayanan caddy yang professional. Selain juga jaminan lapangan golf dengan standar Internasional dan well maintain
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata menggelar Wonderful Indonesia Sales Mission Golf 2018 di Korea Selatan sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan dan menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman)  dari negeri ginseng.

Deputi Bidang Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Nia Niscaya di Jakarta, Selasa, mengatakan wisman asal Korsel memiliki karakteristik yang berbeda dengan wisman dari negara lain.

Di antaranya mereka cenderung melakukan perjalanan dengan tujuan yang pasti seperti MICE atau wisata olahraga.

"Oleh karena itu, kami menggelar 2018 Wonderful Indonesia Golf Sales Mission in Korea di dua kota terbesar di Korsel yakni di Seoul pada 6 November dan di Busan 8 November 2018," katanya.

Besarnya potensi pergerakan wisman dari Korea Selatan (Korsel) yang belum tergarap optimal menjadi salah satu latar belakang digelarnya acara tersebut.

Ia mengatakan dari sisi Indonesia, golf merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Indonesia untuk menarik datangnya wisman 

Tercatat Indonesia memiliki lebih dari 150 golf course yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Sejumlah lapangan golf di Tanah Air bahkan telah berstandar dunia dan merupakan hasil disain dan karya terbaik arsitek termasyur dunia seperti Jack Nicklaus, Bob Moore Jr, Ted Robinson dan lain-lain.

"Golf fee di Indonesia juga tergolong kompetitif dan murah serta pelayanan caddy yang professional. Selain juga jaminan lapangan golf dengan standar Internasional dan well maintain," katanya.

Nia menargetkan ajang tersebut mampu menjaring setidaknya 420.000 wisman asal Korsel untuk berkunjung ke Indonesia sampai tutup tahun 2018 ini. 

Pada 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 378.769 wisman asal Korsel berkunjung ke Tanah Air.

Untuk kegiatan tersebut, Kemenpar melibatkan para pelaku industri pariwisata termasuk di antaranya dari Batam, Bintan, hingga Bogor sebagai destinasi wisata yang selama ini difavoritkan wisman Korsel.

"Industri yang berpartisipasi pada acara ini di antaranya Lapangan Golf dari Bogor, Batam & Bintan, Bali dan Hospitality serta Akomodasi dari Bogor," katanya.

Pihaknya menggandeng dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines sebagai dukungan aksesibilitas sehingga diharapkan semakin memudahkan wisman Korsel untuk melancong ke Indonesia.

"Ini salah satu upaya kami untuk mengoptimalkan pasar Korea Selatan yang selama ini dianggap memiliki potensi yang besar sebagai kantong wisman ke Indonesia," katanya.

Nia menambahkan delegasi dalam Sales Mission akan berinteraksi dengan puluhan buyers potensial asal Korea Selatan yang diundang dalam acara itu di mana mereka merupakan para pelaku industri pariwisata lokal di Busan dan Seoul.

Sales Mission tersebut merupakan kelanjutan dari dukungan dan kerja sama Famtrip Agent Golf Korea yang sebelumnya pernah digelar di antaranya Promosi Wonderful Indonesia pada Golf Tour oleh Event World Tour di Bogor pada 14 Agustus 2018.

Di samping itu Familiarization Trip Korean Golf Agents di Bogor-Cikarang-Karawang pada 26-29 September 2018 dan Familiarization Trip Korean Golf Media & Agents di Bali-Bogor-Jakarta pada 19 – 23 November 2018. 

Baca juga: Indonesia kembali gelar promosi pariwisata terbesar di Inggris

Baca juga: Wamen Pariwisata Laos hadiri promosi destinasi unggulan Indonesia


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018