"Para pembuat undang-undang harus mampu menghasilkan terobosan besar yang kreatif, visioner, inovatif..."
Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan lembaga legislatif mempunyai peran penting dalam transformasi bangsa di era digital.

Ketika hadir di acara High Level Parliamentary Meeting dalam Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018, di Nusa Dua, Bali, Senin, Darmin menegaskan tentang perlunya para pembuat undang-undang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan memelopori perubahan.

"Para pembuat undang-undang harus mampu menghasilkan terobosan besar yang kreatif, visioner, inovatif, sekaligus mampu mengelola dampak sosial yang diakibatkan," kata mantan gubernur Bank Indonesia itu. 

Darmin berharap High Level Parliamentary Meeting mampu merumuskan rekomendasi kebijakan untuk menyelesaikan persoalan peningkatan kapasitas SDM, khususnya dalam menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital. 

Ia juga mengungkapkan bahwa perlu adanya pengaturan regulasi yang komprehensif untuk mengimplementasikan investasi sumber daya manusia.

Regulasi tersebut yang akan menjadi panduan untuk memastikan bahwa semua program akan sejalan dengan peraturan yang ada. 

"Tanpa regulasi yang jelas, kami khawatir hal-hal itu akan keluar dari harapan. Dalam hal ini, eksekutif dan legislatif harus saling bahu-membahu untuk mewujudkan regulasi dapat dilaksanakan dengan baik," ujar Darmin. 

Acara High Level Parliamentary Meeting dihadiri oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Chair of The Parliamentary Network on the World Bank-IMF Jeremy Lefroy, Direktur Eksternal dan Hubungan Korporat Bank Dunia Jill Wilkins, dan Asisten Direktur Departemen Komunikasi IMF Sabina Bhatia.

Baca juga: Bahas implementasi, Menkominfo dijadwalkan ketemu Jack Ma pada Pertemuan IMF-WBG

Baca juga: Beri nilai tambah, OJK gelar lima kegiatan pada Pertemuan IMF-WBG

Baca juga: Ini kata Manager Bank Dunia tentang Paviliun Indonesia

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018