Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan Kepala Eksekutif Afganistan Abdullah Abdullah di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

"Hari ini pertemuan bilateral, bagaimana kita memajukan hubungan baik dengan ekonomi, industri dan juga perkembangan. Tapi tentu Indonesia dapat men'support', mengambil peran dalam upaya-upaya perdamaian di Afganistan," kata Wapres Jusuf Kalla usai pertemuan di Istana Wapres Jakarta, Kamis.

Kedatangan Abdullah ke Indonesia, setelah bertemu Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, antara lain untuk menegaskan dan melanjutkan kembali perjanjian kerja sama yang telah terjalin.

Sementara itu, Abdullah menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemerintah Indonesia, salah satunya juga mendorong upaya perdamaian di Afganistan. Menurut dia, banyak potensi kerja sama yang bisa lebih dalam dikembangkan oleh kedua negara.

"Terima kasih telah mengundang saya dan delegasi. Dan seperti yang sudah dibahas dengan Presiden, ada banyak potensi untuk pengembangan kerja sama," kata Abdullah.

Abdullah juga menyampaikan terima kasih atas upaya penyelenggaraan program peningkatan kapasitas dan perdamaian yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk Afganistan.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan anda semua untuk proses perdamaian lewat Konferensi Ulama. Terima kasih untuk program peningkatan kapasitas dan dukungan teknis untuk industri kami di Afganistan," katanya.

Adullah juga menyampaikan ungkapan bela sungkawa dan simpati atas bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah. Dia berharap masyarakat korban bencana dapat melalui penderitaan dengan bantuan optimal dari Pemerintah Indonesia.

"Saya menyampaikan bela sungkawa dan simpati atas banyaknya korban tsunami dan gempa bumi. Pemerintah anda sedang mengatasi pascabencana ini, dan kami berharap semuanya baik," ujarnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018