Anda mungkin tidak akan bisa bertahan di sana dua minggu tanpa kami
Southaven (ANTARA News) - Presiden Donald Trump membuat pernyataan tidak diplomatis mengenai Arab Saudi, sekutu dekatnya, pada Selasa, dengan menyatakan ia memperingatkan Raja Salman dari Arab Saudi bahwa dia tidak akan bertahan "selama dua pekan" tanpa dukungan militer AS.

"Kami melindungi Arab Saudi. Apakah Anda akan katakan mereka kaya. Saya mincintai raja itu, Raja Salman. Tetapi saya katakan, `Raja, kami melindungi Anda. Anda mungkin tidak akan bisa bertahan di sana dua minggu tanpa kami. Anda harus bayar untuk militer Anda," kata Trump di hadapan khalayak, yang bersorak di rapat umum di Southaven, Mississippi.

Trump tidak mengatakan kapan dia menyampaikan perkataannya itu kepada Raja Saudi.

Kendati mengeluarkan kata kasar, pemerintahan Trump menjalin hubungan erat dengan Arab Saudi, yang dipandangnya sebagai benteng terhadap ambisi Iran di wilayah itu.

Trump menjadikan Arab Saudi sebagai negara pertama yang ia singgahi dalam lawatan internasional perdananya sebagai presiden pada tahun lalu.

Trump menghubungi Raja Salman pada Sabtu dan mereka membahas usaha untuk menjaga pemasokan guna menjamin stabilitas pasar minyak dan pertumbuhan ekonomi global, demikian kantor berita Saudi SPA melaporkan.

Arab Saudi merupakan pengekspor minyak terbesar dunia dan "de facto" pemimpin OPEC, yang telah dikecam Trump akibat harga minyak tinggi.

Ketika berpidato di sidang Majelis Umum PBB di New York bulan lalu, Trump mengatakan para anggota OPEC "seperti biasanya mengecoh seluruh dunia."

"Kami membela banyak negara ini tapi tidak mendapatkan apa-apa, dan kemudian mereka mengambil untung dari kami dengan memberikan harga minyak  yang tinggi. Tak bagus. Kami ingin mereka berhenti menaikkan harga, kami inginkan mereka menurunkan harga," kata dia.

Dia juga menekan sekutu-sekutu lain AS seperti Jepang, Korea Selatan dan Jerman, untuk menanggung lagi beban keuangan dari pertahanan mereka.

Kerajaan Arab Saudi merayakan hari ulang tahun ke-88 tahun ini. Kedutaan besarnya di Jakarta merayakan hari nasional itu Senin malam (24/9).

"Malam ini merupakan kebahagiaan sekaligus kehormatan bagi saya atas nama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia memperingati HUT Kerajaan Arab Saudi yang jatuh pada 23 September," ujar Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi di Jakarta, Senin malam. 

Baca juga: Saudi kritik rencana AS pindahkan kedutaan ke Yerusalem
Baca juga: Trump kritik OPEC, minyak hentikan kenaikan beruntun


Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Boyke Soekapdjo 

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018