Jakarta (ANTARA News) - Sutradara dokumenter kenamaan "Fahrenheit 11/9", Michael Moore (64), membuat klaim mengejutkan di mana dia menyebut bahwa Gwen Stefani adalah alasan Donald Trump maju mencalonkan diri jadi presiden.

Dalam sebuah wawancara dengan The Hollywood Reporter (THR) yang dilansir People pada Rabu (5/9), Moore mengatakan Trump akhirnya memutuskan mengumumkan mencalonkan jadi presiden setelah dia tahu bahwa Gwen Stefani (48) menghasilkan lebih banyak uang sebagai 'coach" di The Voice-nya NBC dibanding Donald Trump saat dia membintangi "The Apprentice".

Moore mengklaim Trump membuat pengumuman kampanye Trump Tower-nya sebagai salah satu jalan untuk menunjukkan pada NBC bahwa dia lebih populer. NBC mulai menayangkan "The Apprentice" pada 2004.

"Dia sudah bicara soal pencalonannya jadi presiden sejak 1998, tapi sebenarnya dia tak begitu mau jadi presiden," kata Moore pada THR.

"Tak ada griya tawang di Gedung Putih. Dan dia tak mau tinggal di sebuah kota hitam. Dia sebenarnya cuma mau mengadu NBC dengan jaringan lain, tetapi rencananya keluarjalur."

Juru bicara Gedung Putih enggan segera komentar soal ini saat dihubungi People. Demikian halnya dengan pihak Gwen Stefani.

Di samping ada upaya Trump untuk menyaingi NBC, jaringan televisi itu memutuskan hubungan dengan sang maestro bisnis menyusul komentarnya tentang warga negara Meksiko.

"Fahrenheit 11/9" akan tayang di bioskop 21 September mendatang, People.

Baca juga: Pembuat film AS buka rumah untuk pengungsi Suriah

Baca juga: Michael Moore Gratiskan Film Terakhirnya di Internet

Baca juga: Michael Moore akan Garap Kelanjutan "Fahrenheit 9/11"

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018