Jakarta, (ANTARA News)  - Tim nasional bisbol Indonesia akhirnya mencatatkan kemenangan perdananya di ajang Asian Games 2018 mengalahkan Thailand 12-11 di Lapangan Bisbol Rawamangun, Jakarta, Jumat.

Dengan kemenangan tersebut Indonesia mengunci posisi tiga di grup putaran pemeringkat (consolation round) dengan satu kemenangan, dua kekalahan, atau secara keseluruhan kontingen bisbol Indonesia peringkat tujuh dari delapan kontestan. 

Pada pertandingan tersebut nyaris membuat Indonesia menelan kekalahan lagi untuk kesekian kalinya. Hal itu dikarenakan Indonesia sudah menang 11-0 hingga inning empat.

Sayangnya, konsentrasi pemain bisbol Indonesia menurun dan lemparan Indonesia mulai mudah dibaca oleh pemain Thailand. Sejak inning empat Thailand mulai mengambil alih perolehan angka.

Untung saja Indonesia mampu menambah satu angka di inning enam, sehingga Indonesia tetap unggul satu angka meski Thailand berhasil terus mengejar ketertinggalan hingga menipiskan jarak delapan angka, skor tetap 12-11 untuk keunggulan Indonesia.

Cabang olahraga bisbol sendiri sudah memasuki babak akhir, babak consolation praktis sudah berakhir dengan posisi rangking pertama Pakistan, Hong Kong, diikuti Indonesia kemudian Thailand menjadi juru kunci.
 
Pitcher tim Indonesia Nanda Dwi Saputra melempar bola saat pertandingan babak konsolasi Baseball Asian Games 2018 antara Pakistan vs Indonesia di Lapangan Baseball Rawamangun, Jakarta, Kamis (30/8). Pertandingan tersebut dimenangkan Pakistan dengan Skor 10-2. (ANTARAFOTO/ INASGOC / Hariandi Hafid /18.)



Baca juga: Jadwal Bisbol babak Consolation Round dan Super Round


Sedangkan empat teratas masih menyimpan beberapa pertandingan dengan Chinese Taipei memimpin peringkat untuk maju ke final medali emas, dan peringkat lainnya masih menunggu hasil pertandingan, walau Korea Selatan telah mengantongi poin runner grup sementara menemani Taipei.

Namun, Taipei melawan Jepang masih memungkinkan hasil yang berbeda apabila Jepang menang, sehingga harus ada perhitungan head to head atau skor angka terbanyak untuk menentukan timnas mana yang mendapat peringkat dua teratas, sedangkan dua terbawah di grup Super Round akan bertarung kembali memperbutkan perunggu.

Baca juga: Bisbol Chinese Taipei berpeluang masuk partai final
Tim Baseball Chinese Taipei (atas) saat melawan tim Baseball Cina pada Super Round Baseball Asian Games 2018 di Lapangan Baseball Senayan, Jakarta (31/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Nick Hanoatubun)

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018