Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat berharap revitalisasi Kali Besar dapat menarik banyak perhatian wisatawan yang berkunjung di kawasan Kota Tua.

Pelaksana tugas Wali Kota Jakarta Barat M Zen di Jakarta pada Kamis, mengatakan hasil revitalisasi Kali Besar yang diwujudkan pertama kalinya dalam Festival Kali Besar diharapkan dapat mendongkrak promosi wisata Jakarta Barat.

Baca juga: Festival Kali Besar hadirkan lomba racik jamu

"Ini dalam rangka mempromosikan Kali Besar kawasan Kota Tua, di mana Kali Besar sudah dilakukan revitalisasi tahap pertama," ujar Zen.

Zen menjelaskan nantinya akan ada tahap revitalisasi berikutnya setelah Asian Games selesai.

"Kita berharap revitalisasi bisa tuntas. Ini ikon Jakarta Barat, ikon Kota Tua dan juga Taman Apung. Insya Allah dinikmati warga dari mana saja yang berkunjung ke kawasan Kota Tua," ungkapnya.

Baca juga: Festival Kali Besar usung Jakarta tempo dulu

Upaya lain untuk mendongkrak citra kawasan Kota Tua diadakan Festival Kali Besar berlangsung pada 30-31 Agustus di Jalan Kali Besar Timur untuk menandai tiga peringatan penting sekaligus yakni Hari Ulang Tahun Jakarta ke-491, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, serta memeriahkan Asian Games yang tengah berlangsung.

Baca juga: Kali Besar Kota Tua Jakarta kini mirip Cheonggyecheon di Seoul

Festival Kali Besar pada hari pertama ?diisi berbagai acara seperti karnaval budaya, fashion show, serta penampilan seni dan budaya Betawi antara lain palang pintu, gambang kromong dan kulintang.

Baca juga: Djarot resmikan revitalisasi Kali Besar Kota Tua

Festival juga menghadirkan sejumlah stan dan bazar seperti kuliner tempo dulu, karya seni siluet, sejarah perangko, komunitas kopi, komunikasi cinta berkain Indonesia dan lain sebagainya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018