Bogor (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi, Bogor, Jawa Barat, prediksi cuaca di Puncak, Bogor cerah baik untuk perlombaan Paralayang Asian Games 2018.

"Prospek cuaca mingguan ini bagus, belum ada kejadian mengganggu, karena ini musim kemarau, di pengaruhi angin tenggara, sangat cocok untuk terbang. Tinggal menyesuaikan suhunya saja," kata Kepala Bidang Pusat Informasi dan Data Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra kepada Antara di Bogor, Sabtu.

Hadi mengatakan, BMKG Stasiun Klimatologi Bogor ikut menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan menyediakan informasi cuaca harian, dan mingguan khususnya untuk wilayah Jabar yang terdapat arena perlombaan.

Menurut Hadi, informasi cuaca ini untuk mendukung aplikasi cerdas berbasis teknolgi yang telah diluncurkan oleh BMKG pusat 17 Agustus kemarin.

"Stasiun Klimatologi ikut mendukung penyebaran informasi cuaca khususnya untuk daerah-daerah yang menjadi arena olahraga Asian Games 2018 di Jawa Barat," kata Hadi.

Ia mengatakan, untuk mendukung informasi cuaca secara harian, BMKG menerjunkan petugas yang memantau cuaca secara detail realtime menggunakan portable outomatic weather stasion di masing-masing arena di wilayah Jawa Barat.

Daerah yang di maksud, yakni Gunung Mas, Puncak, untuk cabang olahraga Paralayang, Bekasi, dan Pakansari Bogor untuk pertandingan bola, mountain bike di Subang, dan kano di Majalengka.

"Setiap daerah ada dua petugas yang akan mencatat data harian cuaca secara realtime," katanya.

Menurut Hadi, informasi cuaca yang ditampilkan seperti prediksi hujan, suhu, kecepatan dan arah angin, kelembapan, maupun informasi peringatan dini cuaca ektrim, dan informasi bencana lainnya.

Semua data yang dikumpulkan harian, diolah oleh BMKG stasiun Klimatologi Bogor. Data yang sudah terolah dikirim ke BMKG Pusat untuk ditampilkan di aplikasi cerdas, infoBMKG dari telepon pintar.

"Aplikasi ini berguna untuk memantau cuaca secara detail di setiap arena pertandingan Asian Games," katanya.

Hadi menambahkan, informasi cuaca ini menyangkut kebutuhan masyarakat, bisa diakses secara bebas, membantu masyarakat maupun penyelenggara kegiatan sehingga bisa mengantisipasi atau mempersiapkan diri ketika cuaca baik atau buruk.

Baca juga: Wishnutama ungkap 1,5 tahun persiapan upacara pembukaan Asian Games
Baca juga: Yura Yunita hibur penonton jelang upacara pembukaan Asian Games
Baca juga: Panglima TNI larang drone saat VVIP hadiri pembukaan Asian Games



(KR-LR//A020)

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018