Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap pemerintah terus "menggenjot" capaian pembangunan khususnya dalam bidang infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga terjadi pemerataan di semua wilayah.

"Saya berharap sisa setahun ini bisa lebih menggenjot lagi capaian yang ingin dicapai," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Bambang mengapresiasi banyak capaian pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah dan telah dipaparkan dalam Sidang Bersama DPR-DPD RI pada Kamis.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam Sidang Bersama DPR-DPD RI menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia kita terus tumbuh di kisaran 5 persen per tahun, di tengah ketidakpastian ekonomi dunia yang sedang berlangsung. 

Menurut Presiden, inflasi selalu pada kisaran 3,5 persen, ini sebuah pencapaian yang luar biasa untuk menjaga daya beli rakyat dan realisasi inflasi Juni 2018 berhasil ditekan pada angka 0,59 persen atau terendah dibandingkan inflasi saat Hari Besar Keagamaan Nasional dalam tujuh tahun terakhir.

Presiden mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pengendalian inflasi yang terjaga membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih berkualitas dan dapat dirasakan dampaknya. 

"Angka pengangguran terbuka turun menjadi tinggal 5,13 persen pada Februari 2018. Untuk pertama kalinya, persentase kemiskinan Indonesia turun ke angka satu digit, yaitu menjadi 9,82 persen pada Maret tahun 2018," kata Presiden.

Dia mengatakan, kita sudah berhasil menekan angka kemiskinan dari 28,59 juta atau 11,22 persen pada bulan Maret tahun 2015 menjadi 25,95 juta atau 9,82 persen pada Maret tahun 2018.

Baca juga: Presiden tekankan kemandirian APBN

Baca juga: Jokowi janji berupaya jaga inflasi 3,5 persen

Baca juga: Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018