Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Pemerintah untuk dapat mengatasi sejumlah tantangan di bidang ekonomi yang sasarannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Pembangunan yang dilakukan Pemerintah meskipun telah membuahkan banyak keberhasilan, tapi masih ada tantangan yang harus dihadapi pada tahun 2019," kata Bambang Soesatyo dalam pidatonya pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Hadir pada Sidang Bersama tersebut antara lain, Presiden RI ketiga BJ Habibie, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, serta mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Hamzah Haz, Boediono dan istri Presiden RI keempat Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Sidang Bersama ini diikuti oleh sebanyak 453 anggota dari 589 anggota DPR RI dan DPD RI.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, tantangan yang harus diatasi Pemerintah di bidang ekonomi antara lain, meningkatkan fondasi sendi-sendi makro ekonomi, yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia; pengembangan potensi ekonomi daerah; pembangunan infrastruktur yang memperhatikan aspek pemerataan, efektivitas, serta kemampuan dan kesinambungan fiskal.

"Kami mengharapkan agar di penghujung masa pemerintahan ini, pembangunan ekonomi benar-benar diarahkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Kendati pemerintah akan disibukkan dengan agenda politik nasional, yakni pemilu legislatif dan pemilu presiden," katanya.

Bamsoet menyatakan, optimistis kesibukan menghadapi pemilu 2019, tidak akan mengurangi komitmen Pemerintah untuk terus bekerja keras membuat prestasi demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.  "Ibarat pelari marathon semakin dekat dengan garis finish, maka segala energi dan kekuatan akan dikerahkan untuk secepatnya mencapai garis finish dengan prestasi yang gemilang," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018