Detroit (ANTARA News) - Penyanyi "soul" legendaris Aretha Franklin, yang sakit parah, dijenguk sesama seniman Stevie Wonder, pemimpin hak warga Amerika Serikat Jesse Jackson dan mantan suaminya, Glynn Turman, di rumahnya di daerah Detroit pada Selasa, kata humasnya.

Franklin, 76 tahun, mantan penyanyi gereja, yang menjadi "Ratu Soul" dan berkiprah lebih dari 50 tahun, dirawat di rumahnya, kata humas Gwendolyn Quinn.

Quinn menolak membicarakan penyakit Franklin, tapi mengatakan, "Ia sakit parah," demikian Reuters

Penyanyi itu, yang lagu puncaknya termasuk "Chain of Fools" dan "Think", memiliki hubungan profesional lama dengan Wonder, yang tampil bersamanya 13 tahun lalu di Annual Soul Train Lady of Soul Awards di Pasadena, Kalifornia.

Baca juga: Apple Music kalahkan Spotify di Amerika Serikat

Ia dan Turman menikah sejak 1978 hingga 1984.

Dalam masa kejayaannya pada 1960 hingga 1970-an, Franklin menguasai dunia musik dengan puncak termasuk "I Never Loved a Man (The Way I Love You)", "Baby, I Love You", "(You Make Me Feel Like) A Natural Woman", dan "Respect", lagu Otis Redding, yang menjadi gita pemberdayaan dalam masa perjuangan hak warga Amerika Serikat.

Penggemar Franklin, termasuk mantan Presiden Bill Clinton, mencuit di media sosial untuk mengungkapkan perasaan mereka.

"Seperti orang di seluruh dunia, Hillary dan saya memikirkan Aretha Franklin pada malam ini dan mendengarkan musiknya, yang menjadi bagian penting dari kehidupan kami 50 tahun belakangan," kata Clinton di Twitter pada Senin malam.

Penerjemah : Boyke Soekapdjo
 

Pewarta: antara
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2018