Jakarta (ANTARA News) - Intel dikabarkan akan memperkenalkan prosesor generasi kesembilannya pada Oktober tahun ini. Sayangnya peluncuran prosesor Intel 10nm Cannon Lake justru ditunda hingga 2019 dan rencananya akan lebih terfokus pada peningkatan prosesor Coffee Lake 14nm yang telah dirilis sebelumnya.

Menurut kabar yang dilansir dari Wccftech, Intel akan meluncurkan beberapa prosesor Core i9, i7 dan i5 pada 1 Oktober yang akan dikategorikan sebagai prosesor generasi kesembilan.

Prosesor andalan generasi intel kesembilan yakni Intel Core i9 akan diluncurkan dengan delapan cores dan 16 threads. Sejumlah dokumen menunjukkan bahwa prosesor ini akan menjadi prosesor Core i9 pertama untuk desktop dan akan mencakup CPU cache L3 sebesar 16 MB dan chip grafis Intel UHD 620.

Sedangkan prosesor Intel generasi kesembilan lainnya yakni Core i7 akan dirilis dengan delapan cores dan delapan threads, ditingkatkan dari versi enam cores saat ini, serta Core i5 bakal diluncrukan dengan enam cores dan enam threads.

Intel kabarnya akan merilis terlebih dahulu sejumlah prosesor generasi kesembilannya yang telah di-overclock, disusul dengan peluncuran prosesor generasi kesembilan lainnya pada tahun depan.

Seandainya jadwal peluncuran prosesor terbaru itu benar, maka kita akan melihat prosesor-prosesor ini bakal digunakan dalam berbagai gadget pada akhir tahun ini. Demikian dilansir ANTARA News dari theverge.com.

Baca juga: Apple tak lagi gunakan chip Intel pada 2020?

Baca juga: Intel perkenalkan kacamata pintar Vaunt

Baca juga: Asus hadirkan Intel Coffee Lake di laptop gaming

Penerjemah: Aji Cakti
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018